Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-15T17:04:11+07:00
Hal tersebut merupakan contoh sederhana mengenai homeostasis (homeo: sama dan stasis: tetap). HOmeostasis merupakan keadaan kesetimbangan (balance) di dalam tubuh. Tubuh kita selalu berusaha mempertahankan keadaan tubuh dalam kondisi yg tetap walaupun kondisi di luar berubah-ubah.. Tujuan dari homeostasis ini adalah agar fungsi tubuh dapat berlangsung secara optimal dan normal. Nah, salah satu contohnya adalah bahwa manusia termasuk hewan berdarah panas yg suhu tubuhnya akan tetap (sekitar 36-37 derajat celcius) terlepas dari berapapunsuhu lingkungannya .. 

Tubuh kita dalam kasus ini memiliki semacam "thermostat" alami di dalam otak. Ketika otak mendeteksi suhu permukaan tubuh kita meningkat akibat lingkungan yg panas, maka otak memerintahkan kelenjar keringat untuk memproduksi keringat.. keringat yg dikeluarkan kemudian akan menyerap panas tubuh yg berlebih dan keringat itu menguap (anggap saja seperti air yg menyerap panas dari besi membara :D ) .. dengan demikian suhu tubuh kita menurun menjadi normal kembali.. pada saat yg bersamaan, karena air dalam tubuh dibuang melalui keringat, maka kita akan merasa haus sehingga air yang hilang akan tergantikan. 

sebaliknya, jika suhu permukaan tubuh menurun akibat lingkungan yang dingin, maka keringat tidak dikeluarkan agar suhu tubuh tidak semakin rendah.. Nah, di sisi lain , akan ada kelebihan air yg kemudian dibuang melalui urine.. 

jadi pada intinya adalah: kesetimbangan tubuh.
2 5 2
2014-08-15T17:05:20+07:00
Karena di dalam tubuh kita mempunyai suhu yg sangat panas sehingga tubuh mengeluarkan keringat,sedangkan kalau udara dingin tubuh akan mengeluarkan cairan melalaui buang air kecil
3 4 3