Jawabanmu

2014-08-15T13:19:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. agen
2. pedagang besar (grosir)
3. pedagang eceran
4. makelar
5. komisioner
18 4 18
2014-08-15T13:21:14+07:00
a.Agen (dealer), adalah lembaga distribusi yang bertugas atas nama perusahaan tertentu. Harga jual barang dan jasa telah ditentukan oleh produsen. Dari penyaluran barang dan jasa tersebut, agen memperoleh komisi. Ada beberapa agen dalam lembaga distribusi, yaitu agen produsen, penjualan, dan pembelian.

b.Pedagang besar (whole seller), adalah pedagang yang melakukan pembelian dalam jumlah besar untuk dijual kembali kepada pedagang eceran. Pedagang besar terdiri atas pedagang besar lokal, regional, nasional, dan internasional.

c.Pedagang eceran (retailer), adalah pedagang yang menjual barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir. Barang yang dijual biasanya berupa barang kebutuhan sehari-hari.

d.Pedagang barang-barang khusus (speciality selling), adalah pedagang yang khusus menjual produk-produk tertentu.

e. Pedagang jasa (biro jasa), adalah pedagang yang menjual jasa atau layanan tertentu.

f. Makelar (pialang atau broker), adalah perantara yang diberi kuasa orang lain untuk mencarikan barang atau menjualkan barang. Makelar bertugas mengadakan perjanjian atas nama pemberi kuasa dalam pembelian atau penjualan suatu barang. Makelar tidak bertanggung jawab atas penyerahan barang. Makelar mendapat balas jasa berupa provisi atau kurtase dari pembeli,penjual, atau keduanya.

g. Komisioner, adalah perantara jual beli suatu barang yang bertindak atas namanya sendiri dan bertanggung jawab atas tindakan tersebut. Komisioner memperoleh balas jasa berupa komisi.

h. Lembaga distribusi lainnya, secara umum lembaga distribusi tidak hanya terbatas pada lembaga distribusi seperti dijelaskan di depan. Ada beberapa lembaga distribusi lainnya. Misalnya supermarket, koperasi, minimarket, dan toko swalayan.
29 4 29