Pada kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai perbedaan antara ekonomi dan aplikasi teori ekonomi. Mengapa hal ini terjadi?

apa faktor dominan penyebab perbedaan penerapan teori dan aplikasi ilmu ekonomi?

1

Jawabanmu

2016-07-29T16:34:11+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dalam ilmu ekonomi ada prinsip yang disebut dengan nama Ceteris paribus, yaitu saat kita meneliti sebuah kejadian kita akan menganggap hal hal diluar penelitian kita tidak akan mengalami perubahan atau statis. 

Hal ini tidak mungkin terjadi karena pada kenyataannya semua yang ada didunia ini dinamis. 

Contoh dalam teori ilmu ekonomi, bila infrastruktur pembangunan ditingkatkan maka pendapatan suatu daerah akan meningkat. 

Kenyataan : ternyata setelah dibangun terjadi bencana alam yang mebuat infrastruktur tersebut rusak, atau ternyata terjadi korupsi dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur tersebut. Dan lain sebagainya. 

Faktor dominan adalah
- Kita tidak dapat mengontrol resiko sistemik seperti krisis, bencana alam, dsb.
- Manusia tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, kita hanya dapat mengira ngira. 
2 3 2