1. Apa yang dimaksut dengan dasar negara?
2. Jelaskan dan tentukan fungsi pancasila sebagai dasar negara?
3. Apa manfaat dasar negara bagi suatu negara?
4. Apa akibat bila suatu negara tidak memiliki dasar negara?
5. Apa manfaat dasar negara pancasila bagi negara Indonesia

2

Jawabanmu

2014-08-15T08:59:21+07:00
1. dasar negara adalah tujuan/ pedoman berdirinya suatu negara
2.
Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa dan negara Indonesia. Pandangan hidup yang dibenarkan oleh negara adalah Pancasila. Dalam menjalankan kehidupan berbangsa serta bernegara yang baik tentu setiap masyarakat harus memiliki pedoman yaitu pancasila. Jadi nilai budaya serta kegiatan organisasi atau pun sosial di masyarakat tidak boleh menyalahi pancasilaPancasila sebagai jiwa bangsa dan negara Indonesia. Setiap diri seseorang tentu memiliki jiwa yang tumbuh di dalamnya, begitu juga dalam negara, pancasila merupakan jiwanya. Pancasila telah ada sejak terbentuknya negara kemerdekaan Indonesia, dan telah menjiwai seluruh sendi kehidupan dan organisasi Indonesia.Pancasila sebagai kepribadian bangsa dan negara Indonesia. Setiap bangsa memiliki kepribadian yang berbeda dengan negara lain, Indonesia sendiri memegang teguh pancasila sebagai semangat dan kepribadian dibanggakan di seluruh dunia. Artinya pancasila merupakan ciri khas negara Indonesia yang unik dari bangsa lain.Pancasila sebagai sumber tertib hukum di Indonesia. Pancasila secara tidak langsung menaungi seluruh hukum yang ada di Indonesia. Dalam prakteknya, seluruh hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia harus seiring dengan nilai nilai pancasila. Tidak boleh ada hukum yang bersinggungan dengan sila yang ada di pancasila dan tidak sesuai dengan makna di dalamnya.Pancasila sebagai cita cita bangsa. Setiap bangsa tentu mempunyai cita cita, bangsa Indonesia tentu juga memuat dan memiliki cita cita tinggi. Cita cita bangsa kita adalah bagaimana nilai nilai yang ada di Pancasila ini dapat diamalkan dengan baik.3. untuk menentukan tujuhan berdirinya suatu negara
4.suatu bangsa tidak akan diakui secara resmi olah dunia
5.  -

2014-08-15T09:06:07+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.

Dasar negara adalah landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang keberadaannya wajib dimiliki oleh setiap negara dalam setiap detail kehidupannya.
Dasar negara juga berarti pedoman dalam mengatur kehidupan penyelenggaraan ketatanegaraan negara yang mencakup berbagai bidang kehidupan.

2.

Pancasila sebagai dasar fundamental negara Republik Indonesia
~ Pancasila merupakan landasan perilaku kebangsaan 
~ Pancasila merupakan tujuan dari negara Republik Indonesia
~ Sumber dari segala sumber hukum atau sumber tata tertib dalam negara

3.

~ Menjadi pedoman bangsa
~ Sebagai dasar berdirinya suatu negar
~ Sebagai landasan idil negara
~ Merupakan jiwa dan kepribadian bangsa 

~ Sebagai alat pemersatu bangsa
~ Pandangan hidup bangsa
~ Ideologi negara
~ Dasar negara sangatlah penting bagi terbentuknya suatu negara yang kokoh .

4.

Negara akan hancur , karena tidak ada yang dapat dijadikan pedoman / petunjuk dalam kehidupan bernegara 

5. Sama dengan No.3