Jawabanmu

2014-08-15T00:45:08+07:00
IPTEK

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mampu mendorong masyarakat untuk makin maju. Dengan demikian, tingkat kehidupan masyarakat diharapkan menjadi lebih baik lagi.
Perubahan tata nilai dan sikap

Dengan perubahan social budaya, tata nilai dan sikap masyarakat pun cenderung mengalami perubahan, yaitu dari berpikiran tidak rasional kearah rasional. Misalnya, perubahan pola pikir bahwa banyak anak banyak rezeki mulai berubah ke keluarga kecil bahagia sejahtera.
Meningkatnya kehidupan ke arah yang lebih baik

Kehidupan masyarakat modern membuka kesempatan luas kepada pekerja bidang jasa bidang ini banyak menyerap tenaga kerja. Akibatnya, banyak tenaga kerja yang terserap disektor tersebut sehingga kehidupan masyarakat cenderung berubah ke arah perbaikan.

2) Dampak negative perubahan social budaya

Dampakk negative perubahan social budaya, antara lain pola hidup konsumtif. Sikap individualistic, munculnya kesenjangan social, dan gaya hidup kebarat-baratan.
Pola hidup konsumtif

Pola hidup konsumtif makin berkembang dan marak karena didukung oleh media masa yang juga makin berkembang. Televise menjadi media masa yang paliing ampuh dalam menyuburkan pola hidup konsumtif. Mulai iklan, produk-produk sebuah perusahaan dikenal. Makin banyak iklan muncul di media masa akan makin cepat dikenal masyarakat. Bnyak iklan akan mendorong kemampuan daya beli masyarakat. Akibatnya para penguusaha akan meningkatkan produksi perusahaannya. Membanjirnya barang-barang kebutuhan dengan promosi yang memikat dapat membuat masyarakat makin konsumtif.

Untuk mengindari agar tidak terjebak pada pola hidup konsumtif maka kita harus mampu menentukan skala prioritas dari kebutuhan kita. Belilah barang-barang yang betul-betul kita perlukan. Pola hidup konsumtif merupakan pola hidup yang boros karena suka mebelanjakan uang untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.
Sikap individualistic

Persaingan hidup yang semakin keras dan ketat membuat manusia makin tidak peduli orang lain. Mereka hanya memikirkan diri sendiri dan kehidupannya. Orang-orang seperti ini biasanya berperinsip asal tidak menyusahkan dan merugikan orang lain saja. Kehidupan mereka hanya terfokus pada cara untuk memenuuhi segala kebutuhannya saja.

Sikap hidup bergotong royong dan tolong menolong lebih bersifat fungisional misalnya menyumbang untuk panti asuhan atau bencana alam. Sikap hidup individualistic dapat di rasakan di kota-kota besar. Hal itu disimbolkan dengan diibangunnya ttembok-tembok yang tinggi untuk memagari rumahnya.
Munculnya kesenjangan social

Perubahan social budaya biasanya dirasakan oleh masyarakat tertentu saja, misalnya masyarakat perkotaan. Masyarakat yang mampu menikmati perubahan akan memiliki kemampuan social ekonomi yang lebih baik daripada tidak. Hal itulah yang menyebabkan kesenjangan social dalam masyarakat.
Sikap hidup kebarat-baratan

Sikap hidup kebarat-baratan merupakan cara hidup yang meniru pola hidup orang barat(Eropa dan Amerika) tanpa mengiddahkan budaya timur yang seharusnya masih dijunjung tinggi.

2.3 Sikap kritis terhadap pengaruh perubahan social budaya

Perubahan social budaya tidak hanya disebabkan factor dari dalam, tetapi juga factor dari luar termasuk dari Negara asing. Perubahan tidak selamanya membawa kearah kebaikan atau bersifat positif. Perubahan juga bersifat negative.

Kita harus mempunyai sikap tegas menolak terhadap perubahan yang mengarah ke hal-hal yang negative, kita dapat mengambil pengaruh positifnya dengan tetap berpedoman pada nilai dan norma masyarakat.
2014-08-15T09:52:20+07:00
Contohnya perkembangan ilmu pengetahuan