Jawabanmu

2014-08-14T22:55:37+07:00
Sifat-sifat Senyawa Alkana
1 Jika senyawa alkana mengalami reakasi pembakaran sempuran dengan oksigen maka akan dihasilkan gas CO2 dan uap air [H2O(g)]. Jika pembakaran yang terjadi tidak sempuran makan hasil reaksinya berupa gas karobon monoksida CO atau karbon padat dan H2O. Berikut contoh reaksinya pembakaran sempurna
CH4(g) + O2(g) –>  CO2(g) + H2O(l)
pembakaran tidak sempurna
CH4(g) + O2(g) –>  CO(g) + H2O(l)
CH4(g) + O2(g) –>  C(s) + H2O(l)

 2 Reaksi pembakaran yang terjadi pada senyawa alkana juga menghasilkan sejumlah energi yang cukup besar. Energi inilah yang sering dimanfaatkan manusia. Beberapa senyawa alkana merupakana bahan bakar yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Baca manfaat senyawa alkana.
3 Karena ikatannya merupakan ikatan tunggal (jenuh) maka golongan alkana sukar sekali bereaksi dibanding dengan senyawa organik lainnya. Senyawa karbon ini tikda bisa mengalami rekasi penambahan gugus atom lain (reaksi adisi). Ia hanya bisa mengalami reaksi substitusi dan reaksi pemutusan rantai ikatan karbon.
4 Karena sifat senyawa alkana yang sukar  bereaksi maka senyawa ini sering dijuluki parafin yang dalam bahasa yunani berasal dari kata parum = rendah dan affinis = hubungan (akrab).
5 Alkana merupakan senyawa nonpolar yang tidak larut dalam air. Ia bisa jadi pelaru yang baik untuk senyawa organik seperti kloroform (CHCl3), karbon tetraklorida (CCl4), dann Benzena C6H6. 
6Alkana punya densitas (rapatan) yang lebih rendah daripada air, ketika ia dicampur dengan air ia tidak akan mau menyatu dan cenderung berada di bagian atas. Coba amati ketika sobat mencampur minyak tanah dengan air. Lihatlah minyak tanah yang sebagaian besar tersususun dari senaywa alkana akan berada di permukaan atas.

7 Sifat senyawa alkana yang cukup unik ialah semakin banyak atom C yang dimilikinya maka semakin tinggi titik didihnya. Selain itu dengan jumlah atom C yang sama, senyawa alkana dengan rantai lurus mempunyai titik didih yang lebih tinggi dari pada yang bercabang. Contohanya antara n-butana dengan propana, n-butana akan memiliki titik didih yang lebih tinggi. Sedangkan antara n-pentana dengan iso-pentana, n-pentana akan memiliki titik didih yang lebih tinggi.
1 5 1
2014-08-14T22:57:48+07:00
Sifat fisika
1. semakin panjang rantainya semakin tinggi titik didihnya
2. semakin banyak cabang semakin rendah titikdidihnya
sifat kimia
1. reaksi subtitusi : pergantian gugus fungsi
2. reaksi eliminasi : pembentukan ikatan rangkap
3.reaksi oksidasi : pengikatan oksigen

maaf kalau ada yg salah