Jawabanmu

2014-08-14T22:59:44+07:00
1.   BATIK  
      Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknikteknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009     2.     SONGKET         Kain songket adalah kain yang dibuat dengan menambahkan benang pakan sebagai hiasan dengan menyisipkan benang perak, emas atau benang warna diatas benanga lungsin. Tenun songket mempunyai motif yang cukup unik seperti motif lepus, bungan inten, pulir biru, bungan suku hijau, bunga cina, bunga pacik dan masih banyak motif-motif lainnya.             Proses pembuatan songket dilakukan dalam 2 tahap :   Ø Tahap penenunan kain dasarmenggunakan konstruksi tenun rata atau polos. Ø Tahap menenun bagian ragam hiasyang merupakan tambahan dari benang pakan       3.      KAIN TENUN         Tenun adalah kegiatan menenun kain dari helaian benang pakan dan benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan kedalam zat pewarna alami. Kain tenun adalah sebuah hasil karya dari tanggan tanggan manusia yang dihasilkan dari alat tenun bukan mesin dan juga mesin yang mempunyai motif motif tertentu. Dan biasanya digunakan untuk acara acara adat daerah penghasil kain tenun tersebut. Teknik yang paling gampang untuk membuat kain tenun adalah teknik sederhana. Pada teknik 1 ini kain tenun yang dihasilkan biasanya akan menghasilkan produk tenun dengan motif polos, motif lurik, dan juga motif kotak-kotak.                                       4.     SARUNG       Sarung merupakan sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti pipa/tabung. Ini adalah arti dasar dari sarung yang berlaku di Indonesia atau tempat-tempat sekawasan. Dalam pengertian busana internasional, sarung (sarong) berarti sepotong kain lebar yang pemakaiannya dibebatkan pada pinggang untuk menutup bagian bawah tubuh (pinggang ke bawah).   Sarung pada umumnya bermotif geometris atau garis-garis yang saling melintang, baik vertikal maupun horizontal. Sementara, sarung untuk pakaian daerah memiliki motif yang lebih beraneka ragam, misal batik. Motif sarung batik misalnya, memiliki motif bunga atau dedaunan, dengan berbagai warna-warna alami. Sementara, Sarung Tapis bermotif alam, flora dan fauna ditenun dengan menggunakan benang emas dan benang perak.             MAKRAME    


Makrame adalah salah satu produk kerajinan yang berasal dari
keahlian merangkai tali. Makrame berarti kerajinan simpul tali, dimana dengan keahlian menyimpul tali baik dua buah tali, empat buah tali, dan sebagainya sehingga menghasilkan sebuah karya kerajinan yang selain berfungsi sebagai benda pakai juga mempunyai seni yang menarik.

  Salah satu contoh seni makrame adalah gelang tangan yang sangat menarik, dari tali temali yang berwarna-warni , sehingga menghasilkan produk atau benda pakai yang mempunyai nilai seni yang tinggi. 
Sudah banyak produk yang dihasilkan dari kerajinan makrame yang dijual di pasaransebagaibenda pakai, khususnya sebagai asesoris untuk menambah kecantikan perempuan didalam penampilannya, antara lain sabuk, gelang, kalung, kerudung, tas tangan, dompet dll.
 
2014-08-15T02:57:06+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Batik 
gantungan kunci
membuat bros