Pak bowo seorang pengrajin wayang golek terkenal di desanya.

wayang golek hasil karya pak bowo trknl bagus.pak bowo sangat memperhatikan pemilihan bahan baku dan tahap pengerjaannya.sebatang kayu gelondongan di uba h tangan trmpl pak bowo dan empat krywnya mnjd wayang golek bernilai seni tinggi.kayu-kayu sisa pembuatan wayang di gunakan arang sebagai bahan bakar untuk memasak.

pak bowo mendapatkan bahan baku pembuatan topengnya dari hutan yang ada di desanya.saat memerlukan kayu sebagai bahan baku,pak bowo menebang sebatang pohon.untuk mengimbangi kegiatannya itu,pak bowo menanam sepuluh bibit tanaman yang sama.pak bowo tidak ingin suatu ketika pohon-pohon di hutan itu habis.

namun,keadaan itu berlangsung hanya beberapa tahun saja.masyarakat di sekitar rumah pak bowo begitu di manjakan oleh hasil hutan berupa kayu.dengan mudahnya mereka menebang kayu untuk di jadikan kayu bakar,bahan pembuat rumah,atau bahkan di jual ke daerah lain.sayangnya,mereka mau menebang tetapi tidak mau menanam.lambat laun pohon di hutan semakin berkurang dan habis.hutan menjadi gundul.masyarakat kesulitan untuk mendapatkan kayu.keadaan ini juga berdampak terhadap usaha kerajinan topeng pak bowo.pak bowo tidak lagi mendapatkan pasokan kayu untuk di jadikan wayang.oleh karena itu,pak bowo menghentikan produksi.Pak Bowo dan keempat karyawannya kehilangan mata pencahariannya.

2
ini apa yang mau ditanyakan???
kosakata baku dan tidak baku+dan artinyaaaa
om pertanyaannya ap?
mencari kosakata baku dan tidak baku beserta artinya

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-14T19:15:59+07:00
Pertanyaannya apa dulu? kok cuman dikasih bacaannya ??
kosakata baku dan tidak baku+dan artinyaaaa
sepertiii menebang kosakata tidak baku ny apaa dan artinya menebang itu apa seperti memotong
2014-08-14T19:16:06+07:00
Ini apa yang mau ditanya ya ??
om pertanyaannya apa?
cari kosakata baku dan tidak baku beserta artinya
sepertiii menebang kosakata tidak baku ny apaa dan artinya menebang itu apa seperti memotong