Jawabanmu

2016-07-24T22:38:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Suhu tubuh

Unta tidak terengah-engah, dan mereka berkeringat sangat sedikit. Manusia mulai berkeringat ketika suhu di luar naik di atas suhu tubuh normal yaitu 37 Celcius, tetapi unta memiliki pengaturan suhu tubuh yang unik. Unta dapat meningkatkan tingkat toleransi suhu tubuhnya sebanyak 6 derajat celcius sebelum mulai berkeringat, sehingga menghemat cairan tubuh dan menghindari kehilangan air yang tidak perlu. Tidak ada mamalia lain dapat melakukan hal ini. Karena suhu tubuh unta sering lebih rendah dari suhu udara, ketika sekelompok unta beristirahat, mereka akan menghindari panas yang berlebihan dengan menekan satu sama lain.

Warna

Unta memiliki warna gradasi coklat, mulai dari cokelat muda hingga hampir hitam.

Telinga 

Telinga unta dilapisi dengan bulu untuk menyaring pasir dan debu terrtiup ke dalam liang telinga.

Mata

Mata besar unta memiliki banyak warna dilindungi oleh dua baris bulu mata panjang keriting yang juga membantu menjaga mata dari pasir dan debu, sementara alis tebal melindungi mata unta dari sinar matahari gurun.

Kaki

Unta memiliki kaki lebar dan datar dengan bantalan kasar dua jari pada setiap kaki. Ketika unta menjejakkan kaki di pasir, bantalan di kakinya menyebar, mencegah kaki dari tenggelam ke dalam pasir. Ketika berjalan, unta menumpukan kedua kaki pada satu sisi tubuhnya, kemudian kedua kaki di sisi lain seperti kapal yang naik turun di laut sehingga unta memperoleh julukan "kapal gurun".

Makanan

Seekor unta bisa bertahan 5-7 hari dengan sedikit atau tanpa makanan dan air, dan bisa kehilangan seperempat dari berat tubuhnya tanpa merusak fungsi normal tubuh.

Punuk

Berlawanan dengan hal yang banyak dikira orang, unta tidak menyimpan air dalam punuknya. Itu sebenarnya adalah gundukan jaringan lemak dari mana unta menarik energi ketika makanan sulit untuk menemukan. Ketika unta menggunakan lemak punuk untuk bertahan hidup, gundukan itu menjadi lembek dan menyusut. Jika unta menarik terlalu banyak lemak, benjolan kecil yang tersisa akan mengayun dari punggung dan menggantung di sisi tubuh unta. Setelah makan dan istirahat beberapa hari, punuk unta akan kembali ke kondisi normal.
20 3 20