Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-14T18:20:10+07:00
Gerak Esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar. Sedangkan Gerak Autosom adalah gerak tumbuhan yang tidak dipengaruhi faktor luar. Gerak Autosom bisa disebut juga Gerak Endonom/Spontan.
2014-08-14T19:04:56+07:00
Gerak
EndonomGerak endonom adalah gerak pada
tumbuhan yang tidak diketahui penyebab
luarnya. Gerakan ini bersifat spontan karena
tumbuhan melakukan gerakan secara spontan
tanpa perlu adanya rangsangan dari luar. Contoh
gerak endonom adalah gerak pertumbuhan daun
dan gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-
sel daun Hydrilla verticillata yang dapat dideteksi
dari gerak sirkulasi klorofil di dalam sel.2. Gerak
EsionomGerak esionom merupakan gerak pada
tumbuhan yang disebabkan karena adanya
rangsangan dari lingkungan sekitarnya. Jika
berdasarkan jenis rangsangannya maka gerak
esionom dapat dibedakan menjadi 3 macam
yaitu tropisme, taksis, dan nasti