Demokrasi terpimpin adalah sebuah sistem demokrasi yang berjalan antara tahun 1959 sampai dengan tahun 1966, dimana dalam sistem demokrasi ini seluruh keputusan serta pemikiran berpusat pada pemimpin negara yang kala itu dipegang oleh Presiden Soekarno. Konsep sistem Demokrasi Terpimpin pertama kali diumumkan oleh Presiden Soekarno dalam pembukaan sidang konstituante pada tanggal 10 November 1956.
ada yang lebih singkat dan jelas ?
demokrasi terpimpin disebut juga demokrasi rakyat /demokrasi proletar yg berhaluan marxisme-komunisme. demokrasi ini mencita-citakan kehidupan yang tidak mengenal kelas sosial (sama rata,sama rasa)
ok , makasih semuanya

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-09T19:59:00+07:00
Kekuasaan dari, untuk dan oleh rakyat
2014-02-09T20:03:36+07:00
Demokrasi terpimpin adalah istilah untuk sebuah pemerintahan demokrasi dengan peningkatan otokrasi. Pemerintah negara dilegitimasi oleh pemilihan umum yang walaupun bebas, dan adil, digunakan oleh pemerintah untuk melanjutkan kebijakan dan tujuan yang sama.