Jawabanmu

2014-08-14T17:37:08+07:00
Biologi melalui cabang ilmu biokimia membantu kita memahami lingkungan melalui proses-proses dan aktivitas kimia yang terkait makhluk hidup, misalnya sekresi amonia yang dilakukan oleh ikan2 air tawar. Dengan pemahaman ini kita bisa memahami apakah amonia ini mempengaruhi kehidupan makhluk hidup lain, mengingat amonia adalah senyawa yang beracun dan dapat larut dalam air. 

Biologi melalui cabang ilmu biological engineering membantu kita memahami proses penangkapan CO2 di udara dengan memanfaatkan alga, dan proses itu dapat direkayasa di lab dan dimanfaatkan untuk membersihkan udara sekaligus menghasilkan bahan bakar nabati dari alga itu. 

Biologi melalui cabang ilmu biofisika membantu kita memahami interaksi antara faktor biotik (makhluk hidup) dengan faktor abiotik (makhluk tak hidup), serta aktivitas fisik akibat pengaruh keberadaan dan aktivitas makhluk hidup. Misalnya ikan hanya mampu hidup di perairan dengan temperatur tertentu. Sehingga jika terjadi polusi fisik (misalnya polusi panas akibat aktivitas industri) maka akan mempengaruhi kehidupan ikan. Indikator fisik (misalnya temperatur) dapat dijadikan indikator terjadinya polusi.
2014-08-14T19:16:22+07:00
Biologi berasal dari kata bio yg berarti hidup/kehidupan dan logi yg berarti ilmu jadi bisa disimpulkan bahwa biologi salah satu ilmu yang mengajari ttng kehidupan yg ada di alam semesta ini