Jawabanmu

2014-02-09T19:51:36+07:00
Dampaknya kalo menurut saya yaitu : Terjadinya komunikasi antar bangsa baik dengan barat maupun utara menimbulkan aliran besar cultural yang membawa ideology, sistem kepercayaan, sistem politik dan berbagai unsur kebudayaan lainnya seperti sastra, kesenian, filsafat dan sebagainya.
sekian.....
1 2 1
Jawaban paling cerdas!
2014-02-09T19:53:52+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Dampak terbentuknya jaringan perdaganan nusantara

dampak positif
- banyaknya kapal kapal asing yang memasuki wilayah nusantara untuk transit
- Banyaknya barang dan jasa hasil expor dan impor sehingga pendapatan negara bertambah
- meningkatkan pendapatan penduduk di sekitar pelabuhan
- memudahkan proses expor dan impor antar negara dan pulai di indonesia

dampak negatif
- banyaknya kasus penyelundupan barang barang haram seperti narkotika dan ganja
- banyaknya warga negara asing yang ingin bermigrasi ke australia melalui jalur perdagangan membuat wilayah indonesia rawan terjadi penyelundupan.
8 5 8