Jawabanmu

2014-08-14T15:08:42+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Menemukan masalah,mengumpulkan keterangan,menyusun hipotesa,megadakan percobaan,menarik kesimpulan,menguji kesimpulan
Jawaban paling cerdas!
2014-08-14T15:14:27+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Memilih
dan
mendefinisikan masalah
Langkah pertama dalam meneliti adalah
menetapkan masalah yang akan dipecahkan
atau diangkat ke dalam sebuah penelitian.
Untuk menghilangkan keragu-raguan, masalah
tersebut didefinisikan secara jelas. Contoh
Penelitian : “Bagaimana pengaruh mekanisasi
terhadap pendapatan usaha tani di Aceh?”
Berikan definisi tentang usaha tani,
mekanisasi, pada musim apa, dan sebagainya.
2. Survei data yang tersedia
Mencari data yang tersedia yang pernah ditulis
peneliti sebelumnya yang ada hubungannya
dengan masalah yang ingin dipecahkan.
(Langkah pertama dan kedua dapat dikerjakan
secara bersamaan).
3. Merumuskan hipotesis (bila penelitian
bertujuan menguji hipotesis)
Hipotesa adalah kesimpulan sementara
tentang hubungan antar variabel atau
fenomena-fenomena dalam penelitian.
4. Menyusun kerangka analisa dan alat-alat
dalam menguji hipotesis
Pengujian hipotesa menghendaki data yang
dikumpulkan untuk keperluan penelitian.
5. Mengumpulkan data
Peneliti memerlukan data untuk menguji
hipotesa, data terserbut perlu dikumpulkan.
6. Mengolah, menganalisa dan membuat
interpretasi
Setelah data terkumpul, peneliti menyusun
data untuk dianalisa. Penyusunan data dapat
berbentuk tabel ataupun membuat coding
untuk dianalisa dengan komputer. Setelah
dianalisa, data perlu diberikan interpretasi
terhadap data tersebut.
7. Generalisasi dan membuat kesimpulan
Kesimpulan dan generalisasi harus berkaitan
dengan hipotesa. Apakah hipotesa benar
untuk diterima ataukah ditolah. Apakah ada
hubungan antar fenomena yang diperoleh atau
tidak.
8. Membuat laporan penelitian
Langkah akhir dari suatu penelitian ilmiah
adalah membuat laporan ilmiah tentang hasil-
hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut.
Unsur Pemikiran Ilmiah
1. Observasi dengan tujuan tertentu
2. Analisa sintesa
3. Mengingat dan memunculkan kembali
secara selektif
4. Hipotesis (bila penelitian bertujuan menguji
hipotesis)
5. Verifikasi terhadap inferensi
6. Pemberian alasan
7. Keputusan
Sifat Penelitian
1. Bersifat Kualitatif / QUALITATIF
2. Bersifat Kuantitatif / QUANTITATIF
Masalah utama yang biasa dihadapi para
peneliti pemula adalah menentukan metode
penelitian yang paling tepat Qualitatif atau
Quantitatif Jawabannya tergantung pada
masalah yang hendak diriset.
kualitatif atau kuantitatif?
Metodologi, yakni bagaimana mengumpulkan
dan menganalisis data/informasi berkenaan
dengan topik penelitian, antara lain:
1. Jenis data yang dibutuhkan, Qualitatif atau
Quantitatif? (WHAT)
2. Lokasi Penelitian (WHERE)
3. Bagaimana data/informasi dikoleksi (HOW)
4. Bagaimana data/informasi tsb akan
dianalisa?
kak klau tahapan metode ilmiah ini secara umum??
iyaa
ohh~ makasih yah kak^^