Jawabanmu

2014-08-14T14:42:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
JENIS – JENIS JARINGAN KOMPUTER
a)      LAN ( Local Area Network ) Merupakan jaringan milik pribadi dengan jangkauan satu gedung atau beberapa km saja untuk dapat memakai bersama sumber daya dan saling bertukar informasi.
b)      INTRANET Memiliki konsep yang sama dengan LAN namun bedanya hanya penambahan web server pada servernya. Intranet bersifat tertutup dan keamanannya terjaga ( hanya digunakan oleh kalangan sendiri ).
c)     
MAN ( Metropolitan Area Network )
Merupakan kumpulan LAN dengan jangkauan lebih besar yaitu satu kota. MAN dapat mencakup kantor – kantor atau perusahaan yang letaknya berdekatan. Dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum dan mampu menunjang data, suara, bahkan TV kabel.
d)     
WAN ( Wide Area Network )
Merupakan jaringan komputer dengan jangkauan daerah yang luas yaitu antar negara bahkan benua. Sifatnya tertutup dengan menggunakan jasa provider tertentu sebagai media penghubungnya. e)      INTERNET Merupakan kumpulan jaringan yang terkoneksi yang dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun. Sifatnya sangat terbuka dan keamannya kurang terjamin.
f)      
WIRELES ( jaringan tanpa kabel )
Merupakan jaringan komunikasi yang dilakukan tanpa kabel yang mampu memberikan kecepatan akses lebih cepat dibanding jaringan dengan kabel. Contoh : teknologi infrared, bluetooth, modem, dll
2014-08-14T14:43:03+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
A.      PengertianTanenbaum (1997) menyatakan pengertian dasar jaringan komputer sebagai berikut.·    Sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan satu dengan yang lain menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, aplikasi, dan perangkat keras secara bersama-sama.·       Jaringan komputer juga diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada di berbagai lokasi yang terdiri lebih dari satu komputer.
B.       Keuntungan Menggunakan Jaringan Komputer·         Mengakses data dari komputer lain·         Dapat disimpan atau di copy ke beberapa komputer lain sebagai strategi back-up data.·         Dapat menggunakan perangkat bersama-sama.·         Administrator jaringan dapat mengontrol data sehingga keamanan data dapat lebih terjamin·         Hemat biaya, karena sebuah perangkat dapat digunakan bersama-sama.

C.      Jenis-jenis Jaringan·      LAN : Jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer yang ada dalam satu lokasi dengan area yang terbatas seperti ruang atau gedung. Area maksimal 10km.·      WAN : Jaringan antara LAN satu dengan LAN yang lain yang dipisahkan oleh lokasi yang cukup jauh. Jangkauan antara 10 s/d 50km.·      MAN (Metropolitan Area Network) : Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya.
D.      Tujuan1.         Pembagian sumber daya (pemakaian CPU, printer, memori, dsb.)2.         Komunikasi ( email, chatting, dsb.)3.         Akses informasi (web browsing)4.         Membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date.5.         Sistem penyimpanan data terpusat / terdistribusi yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna menakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
E.       Jaringan Klien-Server·         Menghubungkan komputer server (induk) dengan komputer klien atau workstation.·         Komputer server menyediakan fasilitas yang diperlukan komputer klien.·         Kelemahannya adalah :o  Biaya mahal karena memerlukan komputer yang berkemampuan tinggu untuk dijadikan servero  Kelancaran jaringan sangat bergantung pada komputer server, jika server mengalami gangguan maka jaringan akan terganggu.
F.       Jaringan Peer To Peer·         Menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan·         Pertukaran data dapat dilakukan dengan komputer tehbung tanpa komputer server.·         Keunggulannya adalah :o   Hak akses semua komputer sama ratao   Biaya lebih murah karena tidak memiliki indikator tertentu untuk komputer server.o   Kelancaran jaringan tidak terganggu satu sama lain.·         Kelemahannya adalah :o   Trobelshooting jaringan lebih rumit karena komputer yang terhubung memungkinkan terlibat komunikasio   Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing pengguna dengan mengatur fasilitas keamanan yang dimilikio   Data tersebar pada masing-masing komputer maka backup data dilakukan ada masing-masing komputer.