kohesi dibagi menjadi 2 ,yaitu kohesi leksial dan kohesi gramatikal. kohesi gramatikal adlh kepaduan yg dicapai melalui penggunaan elemen dan aturn gramatikal, sedangkan kohesi leksial adlh kepaduan yg dicapai melalui pemilihan kosa kata. contoh kohesi leksial antonim, sinonim, hiponim, pengulangan,misalx kaum laki2 dn kaum perempuan ,gotong royong.
makashi

Jawabanmu

2014-02-09T19:08:59+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kohesi adalah gaya tarik-menarik antar molekul yang sama. Salah satu aspek yang memengaruhi daya kohesi adalah kerapatan dan jarak antar molekul dalam suatu benda. Kohesi berbanding lurus dengan kerapatan suatu benda, sehingga bila kerapatan semakin besar maka kohesi yg akan didapatkan semakin besar.Dalam pada ini, benda berbentuk padat memiliki kohesi yang paling besar; dalam bentuk cair lebih lemah, dan dalam bentuk gas yang memiliki kohesi yang paling lemah.

contoh : Kohesi memengaruhi bentuk permukaan cairan (meniskus) dalam suatu wadah. Bila cairan tersebut memiliki adhesi yang lebih besar daripada kohesi, maka meniskus yang akan didapatkan adalah meniskus cekung, seperti permukaan air dalam wadah gelas.
2014-02-09T19:09:15+07:00
Gaya tarik menarik antara molekul yang sama jenisnya .
contoh:air diatas daun talas 
           air raksa yang dimasukkan ke dalam tabung reaksi kimia