Jawabanmu

2014-08-14T14:33:11+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Tentara inggris mendarat di surabaya pada tanggal 25 oktober 1945 di bawah kepemimpinan Brigadir Jendral A.W.S. Mallaby. Tujuannya untuk melucuti senjata tentara jepang dan membebaskan tawanan perang. 
pada malam hari 26 Oktober 1945 tentara inggris membebaskan tentara belanda yang ditawan jepang di penjara kalisosok surabaya. kesokkan harinya pada 27 oktobr 1945 tentara inggris menduduki pangkalan udara tanjung perak, kantor pos besar, dan gedung bank internasional. kemudian terjadilah pertempuran pertempuran antara rakyat surabaya melawan tentara inggris. dalam pertempuran 30 Oktober 1945, Brigadir Jendral A.W.S. Mallaby tewas terbunuh.
 terbunuhnya Mallaby menimbulkan kemarahan tentara Inggris. pada 9 november 1945, inggris mengeluarkan ancaman terakhir (ultimatum) agar rakyat surabaya menyerahkan senjata ke tempat tempat yang telah ditentukan oleh inggris, selambat lambatnya pukul 06.00 pagi, 10 november 1945. jika rakyat tidak melaksanakan ultimatum tersebut, inggris akan menyerang surabaya dari darat, laut, maupun undara.
ancaman tersebut tidak membuat rakyat suarabaya gentar. R.M. Soeryo selaku gubernur jawa timur saat itu menolak ancaman tersebut. rakyat surabaya memilih untuk berjuang sampai titik darah penghabisan. Bung Tomo seorang pemimpin barisan banteng dengan lantang berpidato di depan semua rakyat surabaya meneriakkan semboyan mereka saat itu, yaitu "lebih baik mati daripada dijajah, merdeka atau mati" 
pada 10 november 1945, terjadi pertempuran di surabaya yang berlangsung lebih dari tiga minggu. Tentara inggris dibantu oleh belanda dengan pasukkan lebih dari 10.000 orang, mengepur surabaya dari darat, laut, dan udara dengan senjata modern.
para pejuang, bertempur dengan menggunakan senjata hasil rampasan dari jepang dan bambu runcing. pertempuran yang tidak seimbang, akhirnya memaksa para pejuang  memindahkan markas pertahanannya di desa lebaniwaras. karena apejuang rakyat suarabaya yang begiyu besar, maka pada tanggal 10 november di tetapkan sebagai hari pahlawan
6 4 6