Jawabanmu

2014-08-14T09:42:53+07:00
Cahaya
gaya tarik bumi
suhu
sentuhan
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-14T09:53:23+07:00
Gerak pada tumbuhan dibedakan berdasarkan bagian yang bergerak dan faktor-faktor yang mempengaruhi gerak, sebagai berikut.
A. Gerak tanpa dipengaruh rangsangan dari luar.
B. Gerak karena pengaruh rangsangan dari luar.
A.   Gerak Tanpa Dipengaruhi  Rangsangan dari Luar
1.   Gerak Higroskopis
Apa yang menyebabkan gerak higroskopis? Gerak ini terjadi karena perubahan kadar air dalam sel atau mengembangnya dan mengkerutnya sel-sel yang tidak merata pada waktu kehilangan atau memperoleh air. Contoh, membuka dan menutupnya kotak spora tumbuhan lumut atau paku karena bergeraknya gigi peristomnya.
2.   Gerak yang Belum Diketahui dengan Jelas Penyebabnya           
Apa yang menyebabkan gerakan ini? Gerak ini disebut juga gerak endonom karena rangsangan yang menyebabkan terjadinya gerak diduga berasal dari dalam.  Contoh, gerak plasma sel.  
3.   Gerak akibat kecepatan pertumbuhan yang tidak merata dan bergantian.
Contoh gerak ini adalah gerak membentangnya daun tumbuhan paku yang sudah agak tua.

B.     Gerak yang Dipengaruhi oleh Rangsangan dari Luar (Gerak Etionom)
1.        Taksis  
Taksis adalah gerak berpindah tempat seluruh tumbuhan atau seluruh bagian tumbuhan (organisme) menuju atau menjauhi datangnya rangsangan.

a.   Fototaksis (Greek, photos = cahaya, taxis = gerak menuju atau menjauhi rangsang)Fototaksis adalah gerak pindah tempat menuju atau menjauhi  rangsangan cahaya. Contoh, gerak Euglena Sp. 

2.   Tropisme (Gr. trope = membelok)Tropisme adalah gerak pertumbuhan dari bagian tubuh tumbuhan ke arah rangsangan atau menjauhi sumber rangsangan. Gerak tropisme ini dibedakan atas beberpa jenis yaitu sebagai berikut.
a.   Fototropisme (Gr. photos + trope)Fototropisme adalah gerak pertumbuhan tumbuhan menuju atau menjauhi sinar (cahaya matahari).
b.   Geotropisme (Gr. geo = bumi + trope = membelok) adalah gerak bagian tumbuhan menuju atau menjauhi pusat bumi. 
c.  Tigmotropisme (Gr. thigma = singgungan atau sentuhan, trope = mengarah/membelok) 
Tigmotropisme adalah gerak dari bagian tumbuhan yang membelok akibat persinggungan dengan suatu benda cth: Kacang panjang, buncis, dan anggur

3.   NastiNasti (Gr. nastic= perubahan posisi) adalah gerak bagian tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan dari luar, tetapi gerakannya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerak nasti ini dibedakan lagi atas beberapa macam yaitu sebagai berikut.
a.   Tigmonasti (Gr. thigma=sentuhan + nastic)
Tigmotropisme adalah gerakan menutup yang terjadi pada daun tumbuhan yang disebabkan oleh sentuhan.
b.   Niktinasti
Niktinasti adalah gerak tidur daun tumbuhan yang disebabkan oleh tidak adanya cahaya matahari (terjadinya malam hari). Gerakan ini dapat dilihat pada daun-daun Oxalis sp (calincing)

Jika benar, jadikan jawaban terbaik ya...

3 5 3