Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-13T22:16:33+07:00
Hak Octrooi / Hak Oktroi atau Hak istimewa VOC
Ada 2 Pengertian 

-Hak oktroi atau hak paten adalah hak 
yang diberikan kepada seorang penemu 
hasil baru, cara kerja baru atau perubahan 
baru mengenai hasil atau cara kerja yang 
telah ada 

-Hak octrooi adalah hak memonopoli 
pelayaran dan perdagangan, 
mengumumkan perang mengadakan 
perdamaian dan mencetak uang
1 5 1
2014-08-13T22:17:22+07:00
hak tunggal (octrooi) untuk perdagangan dan pelayaran ke Asia yang di berikan oleh Staten-Generaal kepada VOC. Ini artinya tidak boleh ada pihak lain yang boleh melakukan hal sama, kecuali VOC.