Jawabanmu

2014-08-13T20:54:15+07:00
- Korteks / kulit ginjal = filtrasi urin
- Medulla / sumsum ginjal = reabsorbsi urine
- Pelvis /rongga ginjal = penampungan sementara urin
Jawaban paling cerdas!
2014-08-13T21:20:53+07:00
Untuk tambahan:
Nefron adalah unit fungsional dari ginjal. Terdiri dari Badan Malphigi yaitu glomerulus dan kapsula bowman serta tubulus-tubulus:
1. Tubulus kontortus proksimal: penyerapan garam mineral berlebih,
2. Lengkung Henle:
a. descendens: penyerapan garam
b. ascendens: penyerapan air
3. Tubulus kontortus distal: penambahan zat yang tidak diperlukan oleh pembuluh darah, seperti amonia, ion hidrogen, dan obat antibiotik. ADH berperan disini
4. Tubulus kolektivus : saluran yang mengalirkan urin ke pelvis renalis. Disini terjadi difusi urea dari tubulus ke cairan interstitial
2 4 2