Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-13T20:23:45+07:00
Letak geografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan kenyataannya di permukaan bumi. Secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera. Letak geografis Indonesia memberikan keuntungan dari berbagai aspek baik dari aspek ekonomi, sosial maupun kebudayaan. Dari segi ekonomi, Indonesia merupakan persimpangan lalu lintas dunia dan titik persilangan kegiatan ekonomi dunia. Dari aspek sosial letak geografis Indonesia menyebabkan bangsa Indonesia mudah berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain sehingga proses interaksi antarbangsa lebih mudah terjalin. Masyarakat Indonesia bisa menjalin hubungan baik dengan masyarakat benua Asia dan masyarakat benua Australia. Indonesia yang terletak di posisi silang (cross position) menyebabkan Indonesia banyak memiliki mitra kerjasama dengan negara-negara berkembang. Dari aspek budaya, bangsa Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam dari berbagai suku bangsa. Suku- suku bangsa di Indonesia terpisah di berbagai pulau. Hal ini menyebabkan keberagaman budaya tercipta dan bahkan terkadang terjadi asimilasi serta akulturasi budaya lokal dengan budaya asing.             Potensi letak geografis Indonesia yang strategis sangat menunjang dalam kemajuan kegiatan perekonomian negara Indonesia karena Indonesia terletak di jalur perdagangan internasional. Letak geografis Indonesia menyababkan keberagaman dalam berbagai hal seperti keragaman flora dan fauna, keberagaman jenis tanah, keberagaman vegetasi,  dan sebagainya. Keberagaman vegetasi ini dipengaruhi oleh keadaan iklim Indonesia yaitu beriklim topis. Indonesia juga memiliki potensi kekayaan alam yang banyak seperti kekayaan hasil hutan, hasil tambang, hasil perkebunan yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.             Sifat dan karakteristik geografis Indonesia ditinjau dari aspek iklim, merupakan negara humid tropik yang berpengaruh pada kehidupan tumbuhan, hewan dan manusia, sehingga sebagian besar sumberdaya lahan merupakan lahan yang subur untuk pertanian. Kondisi laut yang membentang memiliki potensi ikan dan keindahan alam serta berfungsi sebagai penghubung antar pulau. Sumberdaya manusia

1 5 1
2014-08-13T20:24:05+07:00
Terletak di posisi sillang di antara dua benua dan dua samudera