Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-13T20:20:00+07:00
KEUNTUNGAN GAYA GESEKAN :
1. Membantu benda bergerak tanpa tergelincir.
Contohnya ketika berjalan antara kaki atau sepatu kita dengan lantai harus ada gesekan. Jika  tidak ada gaya gesek kita tidak bisa berjalan karena selalu tergelincir.
2. Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak Contoh ketika kita mengerem sepeda, rem pada sepeda mencekram pelek agar roda sepeda berhenti berputar. Cengkraman rem itu memberi gaya gesek pada pelek.Antara ban dan jalanan juga terjadi gaya gesek jadi sepeda akan berhenti.
3. Menahan benda agar tidak bergeser Gaya gesek mampu menahan benda agar tak bergeser. Barang – barang yang ada di rumah kita juga menggunakan gaya gesek, jika tidak ada gaya gesek barang barang itu akan bergeser.

KERUGIAN GAYA GESEKAN :
1. Menghambat Gerakan Benda yang bergerak selalu ditahan gaya gesekan. Akibat gaya gesekan tersebut  maka  gerakan benda menjadi terhambat.
2. Mengikis permukaan benda yang bergesekan  Dua buah benda yang selalu saling bergesekan maka permukaannya lama - kelamaan akan terkikis (aus). Jadi ausnya sebuah benda dapat disebabkan karena sering bergesekan.
3. Memboroskan energi untuk mengatasi gaya gesekan Agar benda bisa bergerak harus melawan gaya gesekan dan harus ada gaya tambahan . misalnya dengan dorongan  atau tarikan yang lebih kuat sehingga benda bergerak atau berpindah. Dengan adanya gaya tambahan tersebut berarti telah memboroskan energi.
1 5 1
2014-08-13T20:21:03+07:00
Manfaat:
1. benda dapat bergerak tanpa tergelincir 
2. untuk menghentikan bena yang sedang bergerak 

kerugian 
1. mengkikis permukaan benda 
2. menghambat gerakan 
1 4 1