Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana, saat tiba sesi tanya-jawab si Ali bertanya pada pak dosen, apa kepanjangan daripada KUHP pak…?. Lalu pak dosen tidak menjawab sendiri melainkan dilemparkannya pada si Ahmad. ‘Saudara Ahmad, coba saya dibantu untuk menjawab pertanyaan saudara Ali’, pinta pak dosen. Lalu dengan tegas si Ahmad menjawab, ‘Kasih Uang Habis Perkara pak…!!!’, tegasnya. Mahasiswa lain tentu pada ketawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, ‘saudara Ahmad, darimana saudara tahu jawaban itu?!!’. Dasar si Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya pula dengan tegas, ‘peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik pak…!!!.

(1) singkatan KUHP pada anekdot di atas dipelesetkan. Apakah maksud dan pesan teks yang dikandung?
(2) siapa sebenarnya yang dikritik lewat sindiran dalam teks tersebut?
(3) apakah sindiran itu sampai kepada yang dituju?
(4) tunjukan unsur lucu/konyol yang terdapat di dalam teks tersebut?
(5) jelaskan reaksi yang terjadi pada diri dosen dan pada diri mahasiswa!

2

Jawabanmu

2014-08-13T19:34:32+07:00
(1)bahwa anggota kuhp sering melakukan korupsi (2)Anggota kuhp (3)belum tentu(4)ali mengejek kuhp(5)wah!!bner jg tuh
2 1 2
Jawaban paling cerdas!
2014-08-13T19:38:33+07:00
1. Dipelesetkan supaya dapat menyindir tentang perbuatan pengacara yang memberikan bukti palsu pada sebuah kasus sehingga dia mendapat bayarannya.
2.Para pengacara ataupun para hakim yang menerima uang suap.
3. sindiran tersebut hanya sampai pada Dosen Ahmad karena MUNGKIN dosen tersebut pernah menerima uang suap.
5. Dosen dan Mahasiswa terkejut dengan jawaban Ahmad karena Ahmad jujur dan MUNGKIN menyindir beberapa dari mereka.
Ceritanya kurang jelas. Maaf kalau ada yang salah.
KUHP dalam arti yg sesungguh nya itu apa yaa?
Kitab Undang-undang Hukum Pidana kalo nggak salah