Jawabanmu

2017-01-20T21:19:15+07:00

Gaya tulisan berita

Saya kutipkan penggalan berita agar lebih jelas :

SEMARANG - Pemerintah saat ini tengah melakukan perubahan pada Peraturan Pemerintah (PP) No 74 Tahun 2008 tentang Guru. Hal terpenting dalam proses tersebut adalah perubahan jam mengajar guru yang semula 24 jam per minggu menjadi sekurang-kurangnya 12-18 jam per minggu. Hal itu disampaikan Rektor IKIP PGRI Semarang Dr Muhdi, dalam upacara wisuda ke-45 institusi pendidikan tersebut di PRPP Jateng, Kamis (27/12). Dia mengatakan, perubahan PP 74/2008 yang sudah masuk pada perumusan akhir itu akan memberi angin segar bagi para pendidik. (Suara Merdeka, 28 Desember 2012).

Nah, ini sebuah berita yang sudah sangat jelas informasi mencakup rumus menulis berita. Bahasanya efektif, dan netral, tidak dibuat-buat. Sumbernya juga jelas. Dan sebagainya. Ini yang dalam bahasa saya memberitakan, bukan menceritakan.

 

Gaya tulis cerita

Saya kutipkan penggalan cerita agar lebih jelas :

Aku tak percaya kalau adikku semata wayang dimakan buaya siluman. Aku lebih percaya kalau adikku hanyut ditelan air sungai Serayu yang meluap. Setiap melihat sungai Serayu, hatiku seperti diiris sembilu. Perih. Seperti saat ini ketika gerimis semakin menderas menjadi hujan. Aku melihat sungai Serayu dari teras rumah. Sungai yang cukup lebar, yang menjadi salah satu sumber pengairan utama di Banyumas.(cerpen Buaya, Agus Pribadi)

Dalam gaya bercerita, penulis melibatkan emosinya. Penulis, baik sengaja maupun tidak, mengaduk-aduk emosi pembaca. Gaya bertuturnya cenderung lebih panjang lebar dibandingkan gaya tulis berita. Selain untuk fiksi, gaya tulis cerita juga bisa untuk tulisan kisah nyata. Tulisan jenis ini mirip dengan cerita fiksi, namun hanya gaya tulisnya saja, ceritanya berbasih kejadian nyata.

Nah, di sini dapat disimpulkan, bahwa informasi yang paling dapat dipercaya adalah sebuah berita dengan gaya tulisan berita. Sedangan sebuah cerita nyata boleh juga dipercaya, tapi tetap harus berhati-hati, karena mirip dengan gaya tulis sebuah cerita fiksi.