Jawabanmu

2014-08-13T17:59:50+07:00
Mempengaruhi musim (subtropis dan tropis) ^^
3 1 3
memiliki curah hujan yang tinggi,
memiliki hujan hutan tropis yang luas dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi,
menerima penyinaran matahari sepanjang tahun,
banyak terjadi penguapan sehingga kelembapan udara cukup tinggi.
2014-08-13T18:00:22+07:00
Ketemunya yang letak geografis aja gimana dong :(
Hubungan Letak Geografis Indonesia dengan Perubahan Musim·         Peredaran Matahari Tahunan :Gerakan semu matahari dari garis khatulistiwa ke 23 ½ derajat LU lalu ke 23 ½ derajat LS, lalu kembali ke garis khatulistiwa lagi. Hal ini disebabkan oleh revolusi bumi.
·         Angin Muson :Angin yang bertiup setiap 6 bulan sekali dan selalu berganti arah yang terjadi karena perbedaan tekanan udara. Angin Muson ada 2 :
1)      Angin Muson Barat :Angin yang bertiup pada periode Bulan Oktober - April . Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua Australia musim panas, sehingga bertekanan minimum dan benua Asia lebih dingin, sehingga tekanannya maksimum. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim hujan akibat adanya massa uap air yang dibawa oleh angin ini, saat melalui lautan luas.
2)      Angin Muson Timur :Angin yang bertiup pada periode Bulan April - Oktober. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua Australia musim dingin, sehingga bertekanan maksimum dan Benua asia lebih panas, sehingga tekananya minimum. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau akibat angin tersebut melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan sempit.
Keuntungan letak geografis Indonesia :1.      Letak Indonesia yang berada diantara 2 benua yaitu Asia dan Australia membuat Indonesia bisa menjalin hubungan baik dengan negara – negara di kedua benua itu. Posisi tersebut selain juga berada di antara dua samudra membuat Indonesia berada di jalur lalu lintas internasional dan dapat menjadi tempat transit jalur perdagangan dunia. Hal itu membuat Indonesia dapat membuat hubungan baik dengan negara lain.2.      Kawasan Indonesia yang terdiri dari banyak pulau membuat Indonesia kaya akan budaya, karena terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dll. Selain itu juga akan timbul banyak bentukan alam seperti danau, gunung api, pantai, dll. Hal itu dapat memajukan pariwisata Indonesia.3.      Laut yang luas dan garis pantai yang panjang membuat Indonesia menyimpan hasil laut seperti ikan, kerang, serta bahan tambang seperti minyak bumi. Hal itu dapat menambah pendapatan negara.4.      Letaknya yang berada dikawasan tropis membuat Indonesia kaya akan hasil hutan, berbagai jenis tanaman, dan berbagai jenis hewan.5.      Tanah Indonesia yang subur membuat Indonesia menghasilkan banyak hasil pertanian.