Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-13T16:23:12+07:00
CERPEN Teks cerita pendek disusun dengan struktur yang terdiri atas orientasi, komplikasi, dan resolusi. Bagian orientasi merupakan bagian awal yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat dan waktu, dan awalan masuk ke tahap berikutnya. Bagian komplikasi berisi tokoh utama berhadapan dengan masalah (problem). Bagian ini menjadi inti teks narasi dan harus ada. Jika masalah pada bagian ini tidak ada, penulis harus menciptakannya. Sementara itu, bagian resolusi berisi pemecahan masalah. Masalah harus diselesaikan dengan cara yang kreatif.

Sruktur:
-orientasi,
-komplikasi, dan
-resolusi.

Isi:
 merupakan bagian awal yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat dan waktu, dan awalan masuk ke tahap berikutnya.
komplikasi berisi tokoh utama berhadapan dengan masalah (problem). Bagian ini menjadi inti teks narasi dan harus ada. Jika masalah pada bagian ini tidak ada, penulis harus menciptakannya.
resolusi berisi pemecahan masalah. Masalah harus diselesaikan dengan cara yang kreatif.

3 5 3
2014-08-13T16:27:07+07:00
Pembagian struktur cerpen dalam kurikulum 2013 adalah
-orientasi (pengenalan tokoh)
-komplikasi (masalah yg dihadapi oleh para tokoh)
-orientasi (penyelesai an masalah)