Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-09T08:15:09+07:00
alur-jalur perdagangan berkembang pada saat itu di wilayah nusantara akibat adanya faktor kepentingan ekonomi pada saat itu, terutama kegiatan ekonomi kerajaan-kerajaan yang bercorak hindu-budha di nusantara. Pada masa perkembangan hindu-budha  terdapat  dua kekuatan peradaban besar yaitu:china di utara dan india di bagian barat daya. Kedua peradaban ini memiliki pengaruh yang amat besar bagi penduduk indonesia.Seperti pada awal tahun 1500-an wilayah Nusantarasedang mengalami proliferasi kekuasaan, yang manabanyak bermunculan kota-kota pelabuhan sebagai tempatpenumpukan barang dagangan, termasuk berlangsungnyaperdagangan intenasi onal (Emporium). Terjadinyakomunikasi antar bangsa baik dengan barat maupun utaramenimbulkan aliran besar cultural yang membawaideology, sistem kepercayaan, sistem politik dan berbagaiunsur kebudayaan lainnya seperti sastra, kesenian, filsafatdan sebagainya

semoga dapat membantumu!!!^^
2014-02-09T08:16:15+07:00
Adanya ulama2 yang belajar keluar negeri lalu saling berkomunikasi , melalui komunikasi itu lah jaringan nusantara terbentuk