Jawabanmu

2014-08-13T15:05:50+07:00
Dari prtanyaan ir soekarno''negara yabg kita bentuk apa dasar nya''
Jawaban paling cerdas!
2014-08-13T15:18:34+07:00
Sejarah perumusan Pancasila ini
berawal dari pemberian janji
kemerdekaan di kemudian hari
kepada bangsa Indonesia oleh
Perdana Menteri Jepang saat itu,
Kuniaki Koiso pada tanggal 7
September 1944, di depan Parlemen
Tokyo.
Pemerintah Jepang menjanjikan
kemerdekaan kepadabangsa
indonesia jika Jepang memenangkan
peperangan. Janji itu diulangi lagi
pada tanggal 1 Maret 1945 dengan
tanpa syarat dan dijanjikan untuk
membentuk BPUPKI (Badan
Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan
Kemerdekaan Indonesia) yang
bertujuan untuk mempelajari hal-hal
yang berhubungan dengan tata
pemerintahan Indonesia Merdeka.
BPUPKI dibentuk oleh Gunseikan
(Kepala Pemerintahan Balatentara
Jepang di Jawa) pada tanggal 29
April 1945. Susunan pengurus dan
jumlah anggota BPUPKI adalah :
Ketua : Dr. Radjiman
Wedyodiningrat
Ketua Muda : Raden Panji Soeroso
Ketua Muda : Ichibangase
(anggota luar biasa, orang Jepang)
Anggota : 60 orang tidak
termasuk Ketua dan Ketua Muda.
Organisasi ini mengadakan sidang
pertamanya pada tanggal 29 Mei
1945 – 1 Juni 1945 untuk
merumuskan falsafah dasar negara
bagi negara Indonesia. Selama tiga
hari itu tiga orang, yaitu,
Muhammad Yamin, Soepomo, dan
Soekarno, menyumbangkan
pemikiran mereka bagi dasar negara
Indonesia.
1. Usulan Mr. Muh Yami (29 Mei
1945)
Adapun lima dasar negara yang
diusulkan Mr. Muh Yamin secara
lisan dan tertulis. Usulan yang
disampaikan secara lisan adalah
sebagai berikut:
a) Perikebangsaan
b) Perikemanusiaan
c) Periketuhanan
d) Perikerakyatan
e) Kesejahteraaan Rakyat
1. Usulan yang dikemukakan
secara tertulis adalah :
a) Ketuhanan Yang Maha Esa
b) Kebangsaan persatuan
Indonesia
c) Rasa kemanusiaan yang adil
dan beradab
d) Kerakyatan yang dipimpin oleh
hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan /perwakilan
e) Keadilan sosial bagi seluruh
rakyat Indonesia
1. Usulan Mr. Soepomo (31 Mei
1945)
Mr. Soepomo juga mengusulkan lima
dasar negara, yaitu sebagai berikut:
a) Paham negara persatuan
b) Perhubungan negara dan
agama
c) Sistem badan
permusyawaratan
d) Sosialisme negara
e) Hubungan antarbangsa
1. Usulan Ir. Soekarno (1 Juni
1945)
a) Kebangsaan Indonesia
b) Internasionalisme atau
perikemanusiaan
c) Mufakat atau demokrasi
d) Kesejahteraan sosial
e) Ketuhanan yang
berkebudayaan
Pada akhir pidatonya Soekarno
menambahkan bahwa kelima asas
tersebut merupakan satu kesatuan
utuh yang disebut dengan Pancasila,
diterima dengan baik oleh peserta
sidang. Oleh karena itu, tanggal 1
Juni 1945 diketahui sebagai hari
lahirnya Pancasila.