Jawabanmu

2014-08-13T14:59:16+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Keserakahan Pak Finto

Di sebuah desa, tinggallah seorang juragan. Juragan itu bernama Pak Finto. Istri Pak Finto telah meninggal dunia, karena sakit keras. Pak Finto sangatlah kaya. ia mempunyai sawah yang luas, rumah yang mewah dan barang - barang antik dan bagus. Akan tetapi, pak Finto sangatlah pelit dan serakah. Pak Finto juga mempunyai seorang anak yang bernama Mulya. Watak Mulya sangat baik, dermawan dan ramah.

Suatu hari, seorang warga memberi saran pada pak into agar diadakan syukuran, karena tahun ini hasil panennya sangat bagus. Akhirnya pak finto pun mengadakan syukuran di rumahnya. Akan tetapi, pak Finto hanya memberi sdikit makanan. Saat itu, tibalah seorang nenek. IA meminta makanan pada pak Finto. Pak Finto enggan membernya, dan juga mengusir nenek itu. Seentara itu, Mulya yang melihatnya langsung mengambil makanan dan memberikannya kepada nenek itu tanpa sepengetahuan ayahnya.
Nenek pun merasa senang dan sangat berterima kasih pada Mulya.
"Anak itu sungguh terpuji ahlaknya, ttetapi Ayahnya tidak, semoga pak Finto mendapat hukumannya! " Ucap sang nenek.

Keeseokan harinya, sawah pak Finto mengalami gagal panen. Para petani pun meminta ongkos kerja pada pak Finto. akan tetapi, pak Finto tidak mau membayar gajih para petani tersebut. Para petani menjadi kesal dan dirugikan. Akhirnya pak finto pun menyerah. Ia menjual sawahnya untuk membayar ongkos para petani itu. akhirnya pak finto skarang menjadi orang miskin, karena semua harta bendanya telah terjual.