Ipa SD kelas 6Sebutkan perubahan primer dan sekunder yang dialami laki-laki dan perempuan pada masa pubertas! IPA SD kelas 6

2
prempuan sekunder tumbuh rambut di sekitar organ kelamin
Perubahan primer yang dialami perempuan pada saat masa pubertas adalah mengalami menstruasi
perubahan primer yang dialami perempuan pada masa pubertas adalah mengalami menstruasi. perubahan sekundernya adalah payudara membesar tumbuh rambut diseitar ketiak dan kemaluan ,pinggul melebar. perubahan primer yang dialami laki-laki pada masa pubertas adalah mengalami mimpi basah. sedangkan perubahan sekundernya adalah : tumbuh jakun,tumbuh kumis,dada akan lebih membidang,tumbuh rambut di sekitar kemaluan.

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-13T14:22:08+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. Ciri Masa Puber Laki-Laki
a. Perubahan primer : Mimpi basah yaitu mimpi bergaul antara lawan jenis sehingga mengeluarkan cairan (sperma) dari alat kelamin laki-laki.

b. Perubahan sekunder :
1). Tumbuh jakun pada leher. Jakun adalah bagian yang menonjol pada leher seseorang.
2). Tumbuh rambut pada bagian tubuh tertentu, seperti pada sekitar kemmaluan, ketiak, kumis.
3). Dada lebih bidang.
4). Suara menjadi lebih berat

2. Ciri Masa Puber Perempuan
a. Perubahan primer : datangnya masa haid atau menstruasi, yaitu keluarnya darah kotor dari kemaluan.

b. Perubahan sekunder :
1). Pinggul membesar
2). Payudara membesar
3). Tumbuh rambut pada sekitar kemaluan dan ketiak
52 4 52
terima kasih ya jawabannya
iya,sama sama
2014-08-13T14:26:04+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
*Perubahan fisik tubuh laki-laki
- Masa pubertas/ akil balig/remaja 10 – 21 th , pada usia 15 th mengalami perubahan yang amat besar.Pada umur 16 – 21 th merupakan masa akhir pubertas umumnya tidak tumbuh lagi menjadi tinggi.pada masa puber terjadi dua perubahan yaitu PRIMER dan SEKUNDER.
- Perubahan primer (utama) yaitu: mulai diproduksi sel sperma( sel kelamin jantan)
Sperma diprodduksi oleh TESTIS setiap hari, kalau testis penuh maka akan keluar dengan sendirinya yang ditandai dengan mimpi basah.
-Perubahan sekunder (fisik) yaitu :perubahan yang terjadi pada fisik seperti tumbuh kumis,
Jenggot dan rambut –rambut halus disekitar kemaluan, tumbuh jakun dan suara lebih beray.
Perubahan sekunder tidak dialami semua laki- laki, missal kumis, jenggot dan jakun.
*Perubahan fisik tubuh perempuan.
- Perubahan primer (utama) :Mulai diproduksi sel telur / indung telur / ovarium.
Ditandai dengan menstruasi / dating bulan / haid ( siklus menstruasi setiap 28 hari).
Bila sel telur dalam rahim dibubuhi sperma maka dikatakan hamil.
Gadis mengalami /awal menstruasi sekitar usia 9 – 15 tahun.
Perubahan sekunder (fisik) : biasanya awal sebelum menstruasi.
Membesarnya pinggul dan payudara.
Tumbuhnya rambut tertier ( di ketiak dan sekitar kemaluan)
23 4 23