Jawabanmu

2014-02-08T16:00:31+07:00
Kalau paragraf eksposisi hanya menjelaskan fakta yang menjadi topik/inti dari tulisan tersebut,sedangkan kalau paragraf argumentasi terdapat opini dari si penulis tentang fakta yang ada.

maaf kata-katanya agak ribet._.
ohh hehhe,, yaa tidak apa".. trimakasih banyak ya jawabannya. :) Tuhan berkati
2014-02-08T16:13:10+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Berhati-hatilah saat menjawab. Karena dua paragraf itu sama-sama menjelaskan pendapat, gagasan dan keyakinan kita. Jadi bisa dilihat dari perbedaannya.
Kalau paragraf ekposisi : Menggunakan contoh, grafik, dan lain-lain untuk menjelaskan sesuatu yang kita kemukakan. Penutup pada paragraf eksposisi biasanya menegaskan lagi dari sesuatu yang telah diuraikan sebelumnya.
Kalau paragraf argumentasi : Menggunakan contoh, grafik, dan lain-lain untuk menjelaskan sesuatu yang kita kemukakan itu benar. Penutup pada paragraf argumentasi biasanya berupa kesimpulan atas sesuatu yang telah diuraikan sebelumnya.
Ciri-ciri paragraf eksposisi :
1. Berusaha menjelaskan tentang sesuatu.
2. Gaya tulisan bersifat informatif.
3. Fakta dipakai sebagai alat kontribusi.
4. Fakta dipakai sebagai alat konkritasi.
Ciri-ciri paragraf argumentasi :
1. Menjelaskan pendapat agar pembacanya yakin.
2. Memerlukan fakta untuk pembuktian berupa gambar/grafik, dan lain-lain.
3. Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
4. Penutup berisi kesimpulan.
Good Luck buat ujiannya! (^___^)
trimaksih banyak yaa, untuk penjelasannya........ Tuhan memberkati.. :) yaa trimksih juga untuk smngat yg sudah diberikan,,,,,