Jawabanmu

2014-08-12T20:53:00+07:00
Dalam SI, satuan kelajuan adalah meter per sekon (m/s), atau bisa juga dengan feet per sekon (ft/s). Satuan lain yang sering digunakan adalah mil/jam (mi/j). Secara internasional satuan yang lebih dikenal adalah km per jam (km/j). Misalnya, dalam suatu gerak telah menempuh sejauh 200 km dalam waktu 5 jam, kelajuan rata-rata dalam gerak tersebut dapat ditentukan dengan (200 km)/(5 j) = 40 km/j. Pada dasarnya, kelajuan rata-rata hanya sekedar nilai yang tidak menceritakan tentang rincian perjalanan dalam gerak tersebut. Kita dapat saja bergerak dengan kelajuan tetap 40 km/j selama 5 jam, atau bisa juga lebih cepat dari nilai itu, atau bisa saja lebih lambat atau bahkan berhenti pada waktu yang lain.
Perpindahan didefenisikan sebagai perubahan kedudukan suatu benda karena terjadinya perubahan waktu. Penting untuk diketahui, perpindahan hanya bergantung pada kedudukan awal dan kedudukan akhir dari benda, dan tidak bergantung pada lintasan gerak yang ditempuh oleh benda tersebut. Sebagai contoh, suatu benda sedang berpindah dari kedudukan awalnya Xa menuju kedudukan Xb, maka perpindahan yang dilakukan oleh benda tersebut dapat kita rumuskan:
Perpindahan = kedudukan akhir - kedudukan awal = Xb - Xa
Konsep kecepatan hampir sama dengan konsep kelajuan, kecuali keduanya berbeda dalam satu hal. Letak perbedaannya adalah konsep kecepatan mencakup juga arah gerakan benda. Dari segi satuan, keduanya memiliki satuan yang sama, yakni m/s. Kecepatan dapat didefinisikan sebagai laju perubahan posisi dari benda yang bergerak. Selain itu, dikenal juga konsep kecepatan rata-rata, yaitu perbandingan antara perpindahan sebuah benda dan selang waktunya. Dalam persamaan matematis, kecepatan rata-rata dapat dituliskan:
Kecepatan rata-rata = (Xb - Xa) / (tb - ta)