Seorang pedagang ayam membeli 300 ekor ayam dari peternak dengan harga rata rata Rp.6000,00 kemudian di jualnya di pasar.hari pertama ia menjual 180 ekor ayam dengan harga Rp.10000,00 tiap ekor. ternyata pada hari kedua 100 ekor ayam mati karena flu burung dan sisanya berhasil dijual dengan harga Rp.9000,00 tiap ekor, jawablah pertanyaan di bawah ini!
a) untung atau rugikah pedagang tersebut?
b) berapakah persentase keuntungan atau kerugiannya?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-02-08T09:29:40+07:00
Harga Pembelian = 6000x300 = 1800000
Harga penjualan = (180x10000) + (20x9000) = 1800000 + 180000 = 1980000
Harga Penjualan > Harga Pembelian (Untung)
Keuntungan = 1800000 - 1980000 = 180000
Persentase Keuntungan = 180000/1800000 x 100% = 10%

5 5 5
terima kasih..
sama-sama :D
1.800.000 - 1.980.000 = hasilnya negatif kan?
oh maaf itu salah ketik, maksudnya 1.980.000-1.800.000
2014-02-08T09:38:07+07:00
A. untung
b. harga beli           =  300 X 6.000 = Rp. 1.800.000
 penjualan pertama = 180 X 10.000 = Rp. 1.800.000
 penjualan kedua    = 20 X 9.000    = Rp.    180.000
ayam yang mati     = 100 X 0         = Rp.              0

presentase keuntungan
keuntungan = penjualan pertama + penjualan kedua - harga beli
                  = 1.800.000 + 180.000 -1.800.000 = 180.000
keuntungan/harga beli X 100 % =
180.000/1.800.000 X 100 % = 
1/10 X 100 % =
=10 %
4 5 4