Jawabanmu

2014-02-08T01:27:09+07:00
Konsep Anekdot : Cerita rekaan yang tidak harus terjadi secara nyata dalam masyarakat, dibuat dengan tujuan menyindir secara halus.
Macam-macam anekdot : Lisan dan teks.
Struktur Anekdot :
1. Abstrak -> Bagian awal paragraf yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks. Biasanya menunjukkan hal unik yang akan terjadi dalam teks.
2. Orientasi -> Bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita/latar belakang bagaimana peristiwa terjadi. Biasanya penulis bercerita dengan detil di bagian ini.
3. Krisis -> Bagian terjadinya hal/masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis atau orang yang diceritakan.
4. Reaksi -> Bagian cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah di bagian krisis tadi.
5. Koda -> Bagian akhir dari cerita unik tersebut. Bisa juga dengan memberi kesimpulan tentang kejadian yang dialami penulis atau orang yang ditulis.
Contoh Anekdot :
Ingin Jadi Ustadz
Ini cerita tentang Bahlul yang masih kecil. Setelah menghadiri ceramah agama, Bahlul buru-buru menghampiri orang tuanya.
"Umi, nanti kalau sudah besar, aku ingin jadi Ustadz saja!"
"Oh.... Itu bagug Bahlul!" kata uminya senang.
"Tapi omong-omong apa yang mendorongmu menjadi seorang ustadz?"
Dengan kalem, Bahlul menjawab, "Begini umi, rasanya lebih enak menjadi ustadz bila berceramah. Aku bisa berdiri bebas.... Berteriak keras.... Bahkan menghardik orang. Bukannya harus duduk capek mendengar ceramah membosankan dan tidak bermutu."