Jawabanmu

2014-08-12T19:55:50+07:00
Dialog interaktif yaitu dialog yg dapat melibatkan pemirsa dan pendengar.
contoh:
Fina : apa yg dimaksud dgn gas metana?
Taufik: istilah lain dari gas metana adalah gas rawa. istilah itu diambil krena rawa banyak mengandung gas metana. Cobalah kita tancapkan bambu di rawa. klo disulut api bambu pasti akan meledak kecil.ledakan terjadi melalui pembusukan dr dlm bambu sehingga membentuk gas metana dan menyemburkan api.
Fina : apakah biogas jg bnyak mengandung gas metana?
Taufik: ya, gas metana juga terkandung dlm biogas , yaitu melalui pembusukan dibantu dgn unsur mikroba/ bakteri yg mempercepat pembentukan gas. metana berasal dari hasil limbah peternakan & pertanian.
Fina: bagaimana cra mengembangkannya?
Taufik: suatu area peternakan dan pertanian luas dapat digunakan sbgai sumber biogas alternatif. cranya, kotoran dan limbah pertanian ditampung dlm tangki yg tertutup dan bentuknya sprti lonceng terbalik. melalui proses itu, akn menghasilkan gas metana yg dpt mengeluarkan energi untuk pemanasan.
Fina: apa keuntungan menggunakan biogas sebagai energi alternatif?
Taufik: yaitu tdk merusak lingkungan sehingga kita tdk bergantung pd energi fosil bumi/ minyak bumi. dan tdk berdampak buruk pd lingkungan sperti polusi/ pencemaran.
Fina: apakah biogas dpt menjadi energi gerak/ listrik?
Taufik: ya, sebab gas metana yg dihasilkan dpt membakar dan menjadi energi gerak (energi listrik). tentu sj perlu ada instalasi tambahan. contoh dibuatkan turbin / peralatan lain untuk menghasilkan listrik. kemudian energi listrik itu disimpan.
Fina: dari segi biaya apakah relatif murah?
Taufik: sy kira penggunaan & pembuatan biogas untuk kebutuhan sehari-hari secara ekonomi masih terjangkau. dananya, relatif murah dgn catatan tersedia banyak bahan baku biogas. semakin banyak sumber alam, produksi energi biogas yg dihasilkan jg semakin banyak. tetu hal itu akan lebih hemat biaya krn energi listrik & biogas tdk memerlukan kabel untuk memasok listrik.

panjang yah... sorry lama dek. moga dapat membantu yah.
1 5 1