Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-08-12T15:10:47+07:00
Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya berperan sebagai aktor atau pelaku.
Contoh:
Saya menolong orang itu.Mereka mendaki gunung selama satu minggu.Ayah membaca terus-menerus sampai larut malam.
Kalimat aktif ada dua macam, yaitu aktif transitif dan aktif intransitif.

Kalimat aktif yang predikatnya dapat diberi objek dinamakan kalimat aktif transitif, dan bila tidak dapat diberi objek disebut kalimat aktif intransitif.
Contoh:
Tukang kayu mengecat pintu. (aktif transitif)Handoko menendang bola. (aktif transitif)Mobil itu menepi. (aktif intransitif)Burung-burung itu terbang. (aktif intransitif)

Kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya berperan sebagai penderita (dikenai tindakan).
Contoh:
Surat itu sudah kubaca dua kali.Semua tembok akan dicat lagi.Sepatunya disemir sampai mengkilat.
2 5 2
2014-08-12T15:11:06+07:00
Saya menyapu lantai (aktif)
lantai disapu Ibu (pasif)