Indonesia terletak diantara 2 benua , yakni asia dn australia sehingga menyebabkan indonesia memiliki pola arah angin yang selalu berganti setiap setengah setahun sekali . mengapa demikian ? berikan penjelasan :)) !

2

Jawabanmu

2014-08-11T21:31:58+07:00
Hal itu dikarenakan gerak semu tahunan matahari,yakni dimana matahari berubah posisi setiap 6 bulan sekali , ketika matahari berada di titik balik utara,maka tekanan didaerah tersebut sedang berlangsung musim panas dan tekanan menjadi rendah,karena angin bergerak dari tekanan yg lebih tinggi,maka angin akan bergerak dari australia (musim dingin diselatan) melewati lautan sempit dinusantara dan membawa sedikit uap air bergerak ke benua asia (utara) sehingga berlangsung musim kemarau,sedangkan ketika matahari berada dititik balik selatan,angin akan bergerak dari asia dan membawa uap air banyak dari samudra hindia keaustralia,dampaknya dinusantara adalah musim hujan
23 3 23
panjang :"D
Panjang :"D mkasiih :))
sama sama :)
sama sama ^_^
2014-08-11T21:34:40+07:00
Karena indonesia terletak d antara 2 benua sehingga tekanan udara antara asia&australia selalu berubah dan menimbulkan angin muson , angin muson berubah setip setengah tahun dengan arah berlawanan , maaf kalo salah :)
10 3 10