CARILAH IDE POKOK PADA PARAGRAF 1, 2, DAN 3 ?

1. Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasancahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi juga dianggap sebagai gejala optikdan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak dilangit atau medium lainnya.


2. Pada mulanya cahaya matahari melewati sebuah tetes hujan, kemudiandibelokkanatau dibiaskan menuju tengah tetes hujan sehingga memisahkancahaya putih menjadi sebuah warna spektrum. Setelah itu, warna-warna yang terpisah ini memantul di belakang tetes hujandan memisah lebih banyak lagi saat meninggalkannya. Akibatnya, cahayatampak melengkung menjadi kurva warna yang disebut pelangi. Pelangi dan efek cahaya lain di langit disebabkan oleh cahaya yang membiasdan menyimpang menjauhi partikel. Saat matahari terbenam, langit menjadimerah karena sinar matahari lewat melalui atmosfer yang jauh lebih tebaldaripada ketika matahari berada tinggi di langit pada siang hari. Cahaya dengan panjang gelombang terpendek seperti ungu, terdapat dibagian kurva dan yang memiliki panjang gelombang terpanjang seperti merahterdapat pada bagian luar.

3. Pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca mendung. Halitu terjadi karena pelangimerupakan hasil dari pembiasan cahaya.
Pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarahpada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapatdilihat di sekitar air terjun yang deras. Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar,tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat.
Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air denganmatahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat, dan pusatbusurpelangi harus berada dalam satu garis lurus.

2

Jawabanmu

2014-02-07T12:36:23+07:00
Ide pokok paragraf 1  Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasancahaya matahari oleh butir-butir air .
kalau menjawab jgn setengah setengah ya ?
Jawaban paling cerdas!
2014-02-07T12:36:41+07:00
Ide pokok paragraf 1 yaitu : 
Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasancahaya matahari oleh butir-butir air.

ide pokok paragraf 2 yaitu : 
Pada mulanya cahaya matahari melewati sebuah tetes hujan, kemudiandibelokkanatau dibiaskan menuju tengah tetes hujan sehingga memisahkancahaya putih menjadi sebuah warna spektrum.

ide poko paragraf 3 yaitu : 
Pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca mendung. Halitu terjadi karena pelangimerupakan hasil dari pembiasan cahaya
5 5 5