Jawabanmu

2014-08-11T19:23:54+07:00
Cerpen menurut para ahli. Allan Poe = cerpen adalah Cerita pendek diartikan sebagai bacaan singkat, yang dapat dibaca sekali duduk, dalam waktu setengah sampai dua jam, genrenya mempunyai efek tunggal, karakter, plot dan setting yang terbatas, tidak beragam dan tidak kompleks (Pengarang cerpen tidak melukiskan seluk beluk kehidupan tokohnya secara menyeluruh, melainkan hanya menampilkan bagian – bagian penting kehidupan tokoh yang berfungsi untuk mendukung cerita tersebut yang juga bertujuan untuk menghemat penulisan cerita karena terbatasnya ruang yang ada.
A Bakar Hamid dalam tulisan “Pengertian Cerpen” berpendapat bahwa yang disebut cerita pendek itu harus dilihat dari kuantitas, yaitu banyaknya perkataan yang dipakai: antara 500-20.000 kata, adanya satu plot, adanya satu watak, dan adanya satu kesan.
Burhan Nurgiyantoro, cerpen adalah cerita sebagai sebuah narasi berbagaikejadian yang sengaja di susun berdasarkan urutan waktu.
H.B. Jassin  –Sang Paus Sastra Indonesia- mengatakan bahwa yang disebutcerita pendek harus memiliki bagian perkenalan, pertikaian, dan penyelesaian.
Aoh. KH, mendefinisikan bahwa cerpen adalah salah satu ragam fiksi atau ceritarekaan yang sering disebut kisahan prosa pendek.
Cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa . sebuah cerpen mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa, dan pengalaman. Tokoh dalam cerpen tidak meengalami perubahan nasib.