Jawabanmu

2014-08-11T17:07:56+07:00
Kalimat aktif adalah kalimat dimana subyeknya melakukan aktivitas.contohnya : adik membaca buku, kadir merayu gadis desa.

kalimat pasif adalah kalimat yang subyeknya dikenai suatu perbuatan. contohnya : ikan mas dimasak bu susi, novel dibaca andi dikamar
Jawaban paling cerdas!
2014-08-11T17:08:12+07:00
1. Kalimat aktif
Kalimat Aktif adalah kalimat di mana subyeknya melakukan suatu perbuatan atau aktivitas. Kalimat aktif biasanya diawali oleh awalan "me"- atau"ber-." Kalimat aktif dibagi menjadi 2 yaitu:
a. Kalimat aktif transitif adalah kalimat yang memiliki obyek penderita
b. Kalimat aktif intransitif adalah kalimat yang tidak memiliki obyek penderita

Adapun ciri-ciri dari kalimat aktif adalah:
1. Subjeknya sebagai pelaku.
2. Predikatnya berawalan "me-" atau "ber-."
3. Predikatnya tergolong kata kerja aus.

Contoh kalimat aktif:
1. Adik membaca buku.
2. Tatang bermain bola.
3. Yuli mandi di kolam renang.
4. Wawan telah membeli buku gambar.
5. Ayah membeli daging
6. Kadir merayu gadis desa
7. Bang Jajang bertemu Juminten
8. Adik menangis
9. Umar berantem
10 Andi bermain bola

2. Kalimat pasif
Kalimat pasif adalah kalimat yang subyeknya dikenai suatu perbuatan atau aktifitas. Kalimat pasif biasanya diawali oleh awalan "ter-" atau "di-."

Adapun ciri-ciri dari kalimat pasif adalah:
1. Subjeknya sebagai penderita.
2. Predikatnya berawalan di-, ter-, atau ,ter-kan.
3. Predikatnya berupa predikat persona (kata ganti orang, disusul oleh kata
kerja yang kehilangan awalan).

Contoh kalimat pasif:
1. Pak Lurah dimintai pertanggung jawaban oleh Pak Camat
2. Ayam dipukul Udin
3. Bunga anggrek hitam itu terinjak si Anita