Jawabanmu

2014-08-11T11:29:05+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Suka nonton anime jepang ya??
Itu namanya Honorific
"-sama": tingkatan honorific yang paling tinggi 
>> dipakai untuk menyebut Tuhan/Dewa/orang yang amat sangat kamu hormati. Dalam bahasa Indonesia setingkat dengan "Tuan".. 
misal: 
Dewa ---> Kami-sama 
Nona Besar ---> ojou-sama 

"-san":tingkatan honorific di bawah "-sama". 
>> dipakai untuk menyebut cewek sebaya [kurang akrab] dan orang yang lebih tua. Dalam bhs. Ina setingkat dengan "Pak" dan "Bu" ketika menyebut orang yg lebih tua. Untuk yang sebutan cewek sebenarnya nggak ada terjemahan yang pas dalam Indonesianya, tapi yang paling mendekati adalah "nona". Kenapa nggak pas? Misal ketika kamu menyebut teman sekelasmu, err.. katakanlah namanya Mimi. Kalo misalnya kamu tinggal di jepang kan kamu manggilnya Mimi-san, tapi kalo di Indonesia manggil nona Mimi kan terasa janggal.. masa' sama temen sekelas manggil nona? 
contoh lain: 
Misal tetangga kamu namanya Pak Joto, nah dalam bahasa jepang kamu manggilnya Joto-san. 
Kalo kamu tinggal di Jepang, setiap menemui orang yang baru kamu kenal gunakan honorific ini kalo ga mau dianggap sbg orang yang ga sopan. 

"-dono": sebenarnya lebih tinggi tingkatannya dari "-san". tapi sekarang sudah jarang dipakai. Ini dipakai dalam masa2 samurai di jepang kayak di samurai X. Kalo kamu nonton animenya [dalam bahasa jepang tentunya] bakalan banyak sebutan "-dono" di situ. 

"-chan": Honorific informal. 
>> dipakai untuk teman yang cewek yang sudah akrab. Juga dipakai sebagai sebutan orang tua untuk anak perempuannya. Ini juga nggak pas bila diterjemahin ke Indonesia. Seharusnya kalo diterjemahin imut... tapi kayaknya aneh kalo dipakai di Indonesia makanya di komik2 biasanya tetap ditulis "-chan" alias nggak diterjemahin. 
Contoh: 
Temen cewekmu yg akrab bgt dan sering ngobrol bareng misal namanya kotomi ya kamu manggilnya kotomi-chan 

"-kun": dipakai untuk memanggil teman cowok sebaya atau lebih muda, kalau lebih tua kamu manggilnya "-san". Tapi adakalanya kamu manggil cewek dengan sebutan "-kun" apabila, misal kamu punya kenalan cewek [nggak akrab] yang jauh lebih muda dari kamu. Kan tidak mungkin kamu manggi dia "-san" karena dia lebih muda, tapi bila manggil "-chan" malah tambah nggak mungkin karena walopun dia lebih muda dari kamu tapi kamu nggak akrab ama dia. Makanya kamu manggil dia "-kun". 
Contoh: 
misalnya kamu berumur 25 thn, trus kamu punya kenalan cewek umurnya masih 12 thn. Nah kamu manggil dia pake embel2 "-kun". 

"-Senpai": panggilan junior untuk senior 
Misalnya: 
adik kelas ke kakak kelas. 

"-Kohai": kebalikan dari senpai yaitu dari senior untuk Junior 

"-sensei": panggilan untuk orang yang pintar dalam suat bidang. Seringnya sih dipakai untuk menyebut guru. Selain guru juga manga artist, dokter, penulis, dsb. 

"-onii-chan/san/sama": panggilan untuk kakak laki2. Embel2 yang dipakai terserah kamu. [kalo kamu sangat hormat sama dia ya.. manggilnya onii-sama] 

"-onee-chan/san/sama": panggilan untuk kakak perempuan. 

"-okaa-chan/san/sama: panggilan untuk Ibu. [Okaa-chan:mami, okaa-san: ibu, okaa-sama: bunda] 

"-otou-chan/san/sama": panggilan untuk ayah 

"ojii-san: panggilan untuk kakek 

"oji-san": panggilan untuk paman 

"-obaa-san": panggilan untuk nenek 

"oba-san": panggilan untuk tante 
y ini aq udah buka websitenya,,,, bagus ! mkasih y
kalo boleh tahu tinggal dmna mb?
yups,, tggal di sumatra..ini cwo bukan cwe,,hehe
sumimasen, sudah berapa lama belajar bahasa jepang? aku baru belajar soalnya,,,, hehehe
ini juga buat blajar sambil fun,, https://indonesia.fun-japan.jp/
boleh minta FB-buat belajar breng bhsa jepang?
2014-08-11T14:48:59+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Oh itu toh,, san,kun, dan chan untuk menghormatinya seperti kata sir atau miss