Jawabanmu

2017-01-17T21:57:38+07:00

Di dalam sebuah cerita, tahapan alur dibagi menjadi 5 bagian. Diantaranya:


Perkenalan

Pada bagian ini, pengarang cerita mulai memperkenalkan berbagai macam tokoh yang ada pada cerita tersebut. Selain itu, ia juga memperkenalkan tema latar yang ia ambil. Seperti: Ranah perkotaan, pedesaan atau pegunungan sekalipun.


Munculnya Masalah

Pada tahap ini, pengarang cerita mulai menunjukan masalah yang akan dihadapi oleh sang tokoh utamanya. Biasanya, pada tahap ini di desain se-dramatis mungkin. Agar pembaca akan penasaran akan tahap kisah selanjutnya


Menuju Konflik

Setelah masalah muncul, timbulah konflik di dalamnya. Biasanya konflik ini terjadi antara tokoh utama dan tokoh antagonis.


Ketegangan

Tahap ketegangan ini merupakan inti dari cerita tersebut dimana sang tokoh utama berada pada masalah yang sangat menegangkan. Seperti jatuh dari lantai 30 misal. Ataupun seperti adegan seorang pangeran yang hendak dibunuh.


Penyelesaian

Setelah berada di ujung puncak masalah, pengarang cerita akan mulai membawa alur tersebut pada tahap penyelesaian. Apakah cerita tersebut akan berkahir dengan bahagia (happy ending) atau malah sebaliknya (sad ending). Semua itu tergantung keputusan sang penulis.

1 1 1