Jawabanmu

2014-08-10T21:24:46+07:00
Merupakan bunga karnivora 
pemakan serangga
menarik perhatian serangga dengan warna merah daunnya
2014-08-10T22:09:13+07:00
Venus adalah salah satu jenis tumbuhan yang paling unik di dunia. Tumbuhan ini adalah salah satu jenis tumbuhan pemakan serangga. Keahliannya berburu serangga, membuat tumbuhan venus dikategorikan sebagai tanaman insektivora ini sudah mulai menjadi bahan pengamatan para ahli semenjak ratusan tahun yang lalu.


Adapun ciri-ciri tumbuhan venus atau yang yang bernama latin Dionaea muscipula ini adalah berbentuk menyerupai buku yang terbuka. warna bagian dalamnya merah menawan, sangat menarik perhatian serangga, ditambah pada bagian tengah daunnya keluar aroma sedap diiringi keluarnya kelenjar disekelilingnya, membuat serangga semakin penasaran ingin hinggap.

Begitu serangga hinggap dan terjadi beberapa kali gesekan antara serangga dengan permukaan daun, maka tumbuhan ini segera menutup daunnya rapat-rapat. Seranggapun akhirnya terperngkap di dalamnya. Gerakan-gerakan serangga yang hendak membebaskan diri justru membuat daun semakin erat mengapit.

Tumbuhan ini kemudian mengeluarkan cairan untuk menghancurkan dan melarutkan tubuh serangga. Tumbuhan ini juga mampu menutup daunnya dengan kecepatan yang sangat tingi,Jauh lebih cepat daripada manusia menangkap seekor lalat, serangga yang bergerak cepatpun tak bisa lolos dari sergapan daun Venus.
1 3 1