Jawabanmu

2014-08-10T20:42:25+07:00
Akibatnya kecambah akan kekurangan cahaya matahari(kecambah akan berwarna kuning) dan pertumbuhan kecambah akan terhambat 
2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-08-10T20:44:39+07:00
Cahaya memiliki pengaruh yang sangat besar
terhadap perkecambahan. Berikut ini Penjelasan
mengenai pengaruh cahaya terhadap
perkecambahan.
Jika ditanam di tempat gelap, maka tanaman
Kecambah akan tumbuh lebih panjang daripada
normalnya. Peristiwa itu terjadi karena pengaruh
fitohormon, terutama hormon auksin. Fungsi
utama hormon auksin adalah sebagai pengatur
pembesaran sel dan memacu pemanjanga sel di
daerah belakang meristem ujung. Hormon auksin
ini sangat peka terhadap cahaya matahari. Bila
terkena cahaya matahari, hormon ini akan terurai
dan rusak. Pada keadaan yang gelap, hormon
auksin ini tidak terurai sehingga akan terus
memacu pemanjangan batang. Akibatnya,
batang tanaman akan lebih panjang jika ditanam
di tempat yang gelap, tetapi dengan kondisi fisik
tanaman yang kurang sehat, akar yang banyak
dan lebat, warna batang dan daun pucat serta
kekurangan klorofil. Peristiwa ini disebut ”etiolasi”
Jika ditanam di tempat terang, maka kecambah
akan tumbuh lebih pendek daripada yang
ditanam di tempat gelap. Peristiwa itu juga terjadi
karena pengaruh fitohormon, terutama hormon
auksin. Seperti yang telah dijelaskan di atas,
hormon auksin ini akan terurai dan rusak
sehingga laju pertambahan tinggi tanaman tidak
terlalu cepat. Akibatnya, batang tanaman akan
lebih pendek, tetapi dengan kondisi fisik tanaman
yang sehat, jagur, subur daun terlihat segar serta
memiliki cukup klorofil.
Semoga bisa membantu
2 4 2