Jawabanmu

2014-08-10T19:06:28+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Alasannya karena sel lah satuan kehidupan yang dapat hidup tidak ada lagi yang lebih kecil daripada sel yang mampu hidup.
Memang setelah ditemukannya mikroskop apalagi mikroskop elektron, banyak sekali organel sel yang sangat kecil. Tapi mereka hanyalah organel yang tidak mampu bertahan jika tidak berorganisasi dalam sebuah sel. Sebut saja ribosom yang berukuran berapa mikron, hanya akan terlihat seperti titik jika digambar, ia tidak bisa dikatakan sebagai satuan kehidupan terkecil karena jika hanya ada ribosom saja maka tidak akan ada yang namanya kehidupan.
Ribosom perlu berkoordinasi dengan organel lainnya seperti nukleus, mitokondria, aparatus golgi, lisosom, retikulum endoplasma, sentriol, plastida, dan diliputi sitoplasma serta dilindungi oleh membran sel. Setelah mereka semua bersatu maka akan ada sebuah kehidupan yang disebut dengan sel.
Itulah mengapa sel disebut sebagai unit satuan hidup terkecil.
12 2 12
2014-08-10T19:08:08+07:00
Karena semua makhluk hidup memilikinya.dan karena sel sudah sangat kecil sehingga tidak dapat di pecah lagi.tanpa adanya sel mata tidak ada pula jaringan maupun organ organ yang ada di tubuh makhluk hidup.
11 3 11