Jawabanmu

2014-08-10T17:15:13+07:00
Sila pertama " ketuhanan yang maha esa " : menuntut setiap warga negara mengakui Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta dan tujuan akhir, baik dalam hati dan tutur kata maupun dalam tingkah laku sehari-hari. Konsekuensinya adalah Pancasila menuntut umat beragama dan kepercayaan untuk hidup rukun walaupun berbeda keyakinan.

sila kedua " kemanusiaan yang adil dan beradab " : mengajak masyarakat untuk mengakui dan memperlakukan setiap orang sebagai sesama manusia yang memiliki martabat mulia serta hak-hak dan kewajiban asasi. Dengan kata lain,  ada sikap untuk menjunjung tinggi martabat dan hak-hak asasinya atau bertindak adil dan beradap terhadapnya.

sila ketiga "persatuan indonesia" : menumbuhkan sikap masyarakat untuk mencintai tanah air, bangsa dan negara Indonesia, ikut memperjuangkan kepentingan-kepentingannya, dan mengambil sikap solider serta loyal terhadap sesama warga negara.

sila keempat "kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakila" : mengajak masyarakat untuk bersikap peka dan ikut serta dalam kehidupan politik dan pemerintahan negara, paling tidak secara tidak langsung bersama sesama warga atas dasar persamaan tanggung jawab sesuai dengan kedudukan masing-masing.

sila kelima "keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia" : mengajak masyarakat aktif dalam memberikan sumbangan yang wajar sesuai dengan kemampuan dan kedudukan masing-masing kepada negara demi terwujudnya kesejahteraan umum, yaitu kesejahteraan lahir dan batin selengkap mungkin bagi seluruh rakyat.
13 3 13
laporin gih :) hati2 dijalan yak.. yang bikin artikel aja gakeberatan ko.. malah anda yang kepanasan
._. udh ga usah berdebat ini kan tmpt buat bagi ilmu
gaktau nih si pepek gina
@jose : bahasanya d jaga , ini dunia maya
tw la
Jawaban paling cerdas!
2014-08-10T18:19:37+07:00
1. Ketuhanan Yang Maha EsaMakna sila ini adalah:* Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.* Hormat dan menghormati serta bekerjasama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup.* Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.* Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaannya kepada orang lain.2. Kemanusiaan Yang Adil Dan BeradabMakna sila ini adalah:* Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia.* Saling mencintai sesama manusia.*Mengembangkan sikap tenggang rasa.* idak semena-mena terhadap orang lain.* Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.* Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.* Berani membela kebenaran dan keadilan.* Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari masyarakat Dunia Internasional dan dengan itu harus mengembangkan sikap saling hormat-menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.3. Persatuan IndonesiaMakna sila ini adalah:* Menjaga Persatuan dan Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.* Rela berkorban demi bangsa dan negara.* Cinta akan Tanah Air.* Berbangga sebagai bagian dari Indonesia.* Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/PerwakilanMakna sila ini adalah:* Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat.* Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.* Mengutamakan budaya rembug atau musyawarah dalam mengambil keputusan bersama.* Berrembug atau bermusyawarah sampai mencapai konsensus atau kata mufakat diliputi dengan semangat kekeluargaan.5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat IndonesiaMakna sila ini adalah:* Bersikap adil terhadap sesama.* Menghormati hak-hak orang lain.* Menolong sesama.* Menghargai orang lain.* Melakukan pekerjaan yang berguna bagi kepentingan umum dan bersama.
4 5 4