Jawabanmu

2014-08-10T16:06:40+07:00
Lumut fungsi lainnya sebagai tumbuhan perintis
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-08-10T16:11:18+07:00
1. Kantong Semar 
Ciri khusus : pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantung 
Fungsi : fungsi dari kantung itu adalah untuk menarik perhatian serangga karena di dalamnya terdapat nectar 
2.Venus Flytrap 
- Memiliki daun yang dipenuhi cairan nektar untuk menarik serangga agar menyentuh daun, rambut-rambut sensitif pada permukaan daun akan menanggapi rangsang tersebut dengan mengatupkan kedua helai daunnya. Kemudian venus flytrap mengeluarkan cairan pencerna untuk menghancurkan serangga yang terjebak. 

3.Kantong Semar 
- Tumbuhan kantung semar memiliki daun yang berbentuk seperti piala. Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar untuk memikat serangga. Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar. 

4.Tumbuhan Embun Matahari 
- Terdapat titik-titik cairan yang bergemerlap bila terkena sinar matahari untuk memancing serangga agar menghampirinya. Jika serangga menyentuh daun akan terjebak dalam cairan tersebut. Helai-helai daun akan mengakup untuk mencengkeram serangga dan serangga dihancurkan dengan cairan pencerna. 

5.Kaktus 
- Memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan air. 
- Memiliki akar yang sangat panjang untuk menyerap air sebanyak-banyaknya pada musim hujan. 
- Batang kaktus berfungsi untuk menyimpan air 

6.Bunga Raflesia 
Tumbuhan Raflesia memiliki bunga berbau bangkai menarik perhatian lalat. Lalat diperlukan oleh bunga Rafflesia untuk membantu terjadinya penyerbukan 

7.Eceng Gondok 
- Mempunyai tangkai daun yang menggelembung(berongga), yang berfungsi untuk mengapung di permukaan air 

8.Putri malu (Mimosa pudica) 
- Tanaman putri malu menutup daunnya untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang ingin memakannya. Warna daun bagian bawah tanaman putri malu berwarna lebih pucat, dengan menunjukkan warna yang pucat, hewan yang tadinya ingin memakan tumbuhan ini akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu dan menjadi tidak berminat lagi untuk memakannya. 

9.Jagung Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Ciri Khusus tumbuhan ini yaitu memiliki rambut yang mirip benang sutra. Rambut yang ada pada buah jagung merupakan kepala putik dan tangkai putik. Adapun fungsi putik yang mirip rambut ini adalah untuk memudahkan menangkap serbuk sari.  

10. Tumbuhan bakau,
 akar tunjang untuk menopang tubuhnya agar tetap kokoh 

3 4 3