1. Jelaskan bagaimana keuntungan Indonesia yang beriklim tropis?
2. Jelaskan hubungan letak Indonesia dengan keberadaan dua musim di Indonesia!
3. Mengapa kondisi tanah di pulau Jawa umumnya sangat subur untuk pertanian?
4. Daerah Bandung Jawa Barat merupakan daerah dataran tinggi, sedangkan Cirebon Jawa Barat merupakan dataran rendah. Untuk mengembangkan perkebunan teh, mana daerah yang paling tepat? Jelaskan alasanmu!
5. Iklim di Indonesia berpengaruh terhadap variasi flora dan fauna. Namun kelestarian flora dan fauna tersebut terancam oleh keberadaan manusia. Sebagai pelajar, apa yang dapat kamu lakukan untuk turut serta melestarikan flora dan fauna?

2

Jawabanmu

2014-08-10T15:50:52+07:00
1. Terdapat berbagai flora dan fauna sehingga memperkaya SDA Indonesia 2. Terdapat musim kemarau karena angin muson timur dan musim hujan karena angin muson barat 3. Karena banyak tanah vulkanik dari gunung berapinya 4. Di bandung terdapat tanah suburb seperti aluvial atau vulkanik (misalnya dari gunung tangkuban perahu) sedangkan di cirebon hanya sebagian tanahnya yg bagus 5. Melestarikan flora dan fauna yg ada, mengajak org2 untuk melestarikan flora dan fauna
2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-08-10T15:55:52+07:00
1. dengan adanya iklim tropis maka keberagaman hayati indonesia semakin kaya. matahari bersinar sepanjang tahun sangat menguntungkan dalam bidang agraris.

2. indonesia terletak diantara benua asia dan australia sehingga saat angin bergerak ke arah barat maka daerah kering di australia mengakibatkan kelembapan rendah sehingga terjadi musim kemarau. indonesia juga terletak di antara samudera hindia dan samudera pasifik saat angin dari barat berhembus yang mengakibatkan kadar air dalam udara lebih banyak sehingga terjadi musim hujan.

3. kondisi tanah di jawa subur karena jawa dikelilingi oleh pegunungan aktif yang kandungan laharnya(dulu saat meletus) mengakibatkan tanah lebih subur,

4. bandung. setiap tanaman memiliki kriteria tumbuhnya masing-masing. daratan tinggi sangat ccok untuk dijadikan perkebunan teh

5. tidak memperburuk keadaan, bila perlu turut mengajak guna melestarikan flora dan fauna yang ada karena sebagai seorang yang terpelajar kita lebih tahu dampak buruk yang akan terjadi jika melalaikan kelestarian alam sekitar yaitu akan terjadi ketidakseimbangan alam.