Jawabanmu

2014-08-10T13:38:54+07:00
Pidato informatif atau instruktif
3 1 3
2014-08-10T13:39:11+07:00
Pidato atau sesorah itu berbicara didepan banyak orang dengan tujuan tertentu. Orang yang melakukan sesorah disebut pamedhar sabda. Sesorah didepan banyak orang itu tidak gampang, oleh karena itu, harus banyak latihan.
Menurut tujuannya sesorah ada 4 jenis, yaitu : 1.      Persuasif    : ajakan 2.      Argumentatif        : meyakinkan pendengar 3.      Informatif  :memberi informasi 4.      Deskriptif : memberikan gambaran
Ada 4 metode pidato / sesorah, yaitu : 1.      Metode menghafal Pidato model iini sebelumnya sudah membuat naskah pidato secara lengkap, kemudian dihafalkan dari awal sampai akhir. 2.      Metode naskah / teks Pidato dengan cara ini, pamedhar sabda membawa naskha atau teks kemudian dibacakan, tidak dihafalkan. 3.      Metode ekstemporan Metode ini pamedhar sabda membuat catatan kecil. Isinya yaitu kerangka atau inti dari pidato tersebut. Catatan ini untuk mengingatkan urutan yang akan dipidatokan. 4.      Metode dadakan atau impromptu Pidato cara dadakan seperti ini tidak disiapkan sebelumnya. Pamedhar sabda harus mempunyai pengalaman dan pengetahuan, juga harus mempunyai keterampilan berbicara didepan orang banyak.
Urut-urutan pidato 1.      Salam pembuka 2.      Pembukaan, yaitu menunjukan puja puji terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan berterima kasih kepada orang-orang, dan yang membantu jalannya acara. 3.      Isi pidato 4.      Kesimpulan, inti sari dari pidato 5.      Pengharapan, yaitu hal-hal yang diinginkan oleh pamedhar sabda kepada para pendengar. 6.      Penutup, yaitu berterima kasih dan minta maaf apabila ada kesalahan pada saat pidato.
6 4 6