1. Untuk zat-zat berikut (a) gula dilarutkan dalam air , (b) bensin , (c) gas karbon dioksida, (d) air mineral ,(e) es krim ,(f) gas nitrogen. Manakah yang tergolong zat murni dan zat campuran homogen ?

2. Manakah dari zat-zat berikut yang tergolong unsur,senyawa, dan campuran ? (a) softdrink , (b) air, (c) udara , (d) mie ayam , (e) garam meja , (f) pop corn, (g) aluminium foil.

3. Tergolong campuran homogen atau heterogen mata uang yang terbuat dari paduan emas dan perak ?

4. Mengapa larutan garam dapur termasuk campuran homogen ?

5. Jelaskan , alkohol 20% tergolong campuran homogen ataukah heterogen ?

1

Jawabanmu

2014-08-10T13:54:01+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.
(a) gula dilarutkan dalam air = Campuran homogen
(b) bensin = campuran homogen
(c) gas karbon dioksida = zat murni
(d) air mineral = Campuran heterogen
(e) es krim = koloid (campuran heterogen)
(f) gas nitrogen = zat murni

2.
(a) softdrink=campuran
(b) air=senyawa
(c) udara=campuran
(d) mie ayam = campuran
(e) garam meja = Senyawa
(f) pop corn=campuran
(g) aluminium foil = senyawa

3. Campuran Homogen

4/ Karena unsur unsur terlarut dan pelarutnya tidak dapat dibedakan lagi (bercampur secara merata sehingga setiap bagian campuran memiliki sifat yang sama).

5. alkohol 20% tergolong campuran homogen karena alkohol dapat larut dalam air setelah melarut unsur unsur terlarut dan pelarutnya tidak dapat dibedakan lagi. (bercampur secara merata sehingga setiap bagian campuran memiliki sifat yang sama).
6 4 6